skip to main content

SWOT Analisis Pelayanan Klinik Nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Received: 19 May 2023; Published: 31 Jul 2023.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Klinik nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang merupakan satu-satunya klinik nyeri kolaboratif multidisiplin yang ada di kota Semarang. Klinik nyeri ini berdiri pada tahun 2019 dimana pada saat awal berdiri sudah ada pasien yang berkunjung akan tetapi setelah adanya pandemi COVID-19 klinik nyeri mengalami penurunan kunjungan. Penerapan pelayanan kesehatan yang berkualitas di klinik nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang perlu memperhatikan faktor internal maupun faktor ekstenal dari klinik nyeri. Selain itu hasil analisa strength, weakness, opputunity, thread (SWOT) dari internal factors summary (IFAS) dan external factors summary (EFAS) dapat membantu manajemen Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang dalam mengelola implementasi strategi secara efektif. Namun analisa SWOT belum dilakukan oleh klinik nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang.

Tujuan: Menganalisis pelayanan klinik nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang dengan menggunakan metode SWOT.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional partisipatif multiple time approach. Pengumpulan menggunakan data primer yang dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara mendalam secara langsung dari informan penelitian. Terdiri dari 7 informan utama dan 5 informan triangulasi. Analisis data dari wawancara mendalam dilakukan dengan menggunakan interactive model.

Hasil: Kekuatan terbesar yang dimiliki klinik nyeri yakni mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang sangat kompeten dan professional serta tarif klinik nyeri yang lebih murah daripada rumah sakit lainnya. Kelemahan terbesar dari klinik nyeri yakni strategi pemasaran yang belum maksimal dan metode pembayaran yang belum bisa menggunakan jaminan kesehatan nasional (JKN). Peluang terbesar yang dimiliki klinik nyeri adalah mempunyai peralatan dan sarana prasarana yang canggih. Ancaman terbesar bagi klinik nyeri adalah konflik antar dokter spesialis penanggung jawab pasien dan konflik antar unit layanan lain. Penggunaan matriks thread-oppurtunity, weakness-strength (TOWS) yang mendukung strategi SWOT.

Kesimpulan: Analisis SWOT dan matriks TOWS dalam penelitian ini dapat membantu peneliti dalam menentukan startegi pelayanan yang baik bagi klinik nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang.

 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  EC
Ethical Clereance
Subject
Type EC
  Download (153KB)    Indexing metadata
 common.other
CTA
Subject
Type Other
  Download (39KB)    Indexing metadata
Keywords: klinik nyeri; matriks TOWS; pelayanan; rumah sakit; SWOT

Article Metrics:

  1. Raja S, Carr D, Cohen M, Finnerup N, Flor H, Gibson S. The Revised IASP definition of pain: concepts, challenges, and compromises. 2021;161(9):1976–82. Available from: https://doi.org/10.1097/j.pain.0000000000001939
  2. Shatri H, Agung RA, Abdullah V, Elita D, Putranto R, Adli M, et al. Factors related to pain management adequacy in patients receiving palliative care: Data from a tertiary hospital in Indonesia. Med J Indones. 2020;29(4):399–402
  3. Kementerian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/481/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Nyeri. Kemenkes RI. 2019;8(5):55
  4. Kartikaningrum S. Efektifitas Penggunaan Terapi Inframerah Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Low Back Pain Di Klinik Nyeri Rumah Sakit Premier Surabaya. 2018;5. Available from: http://repository.stikeshangtuahsby-library.ac.id/350/1/SKRIPSI SYOVIANA KARTIKANINGRUM 1711034.pdf
  5. Nainggolan O. Prevalensi dan Determinan Penyakit Rematik di Indonesia. Manaj Kedokt Indoneisia. 2009;59(12):588–94
  6. Putra AW. Analisis Permintaan Penggunaan Layanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Di Kabupaten Semarang. Fak Ekon Univ Diponegoro [Internet]. 2010;104. Available from: http://eprints.undip.ac.id/
  7. Yulinda FA, Prabawani B. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pasien dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap pada Rumah Sakit Permata Medika Semarangx. J Ilmu Adm Bisnis. 2016;5(4):332–40
  8. Taufik MI, Suprajang SE. Analisis Threats, Opportunity, Weakness, Strengths (Tows) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pr. Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Ris Mhs Ekon. 2015;2:147–68
  9. Tamara A. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. J Ris Bisnis dan Manaj. 2016;4(3):395–406
  10. Earnie Elmie H. Peranan Tekno Daie dalam Berdakwah di Era Teknologi Maklumat dan Komunikasi (ICT). Semin Antarabangsa Dakwah Etn 2014 Da’wah Ethn Multidiscip Perspect. 2014;1–11
  11. Zia HK, Semiarty R, Lita RP. Analisis Swot Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang. J Kesehat Andalas. 2018;7(Supplement 4):6
  12. Susanto T, Utamidewi W, Muhamad RPN, Syamsuri SA. Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. J Muara Ilmu Sos Humaniora, dan Seni. 2019;3(1):200
  13. Wardhana A, Rahayu S, Triguno A. Implementasi Clinical Pathway Tahun 2018 dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Implementation of 2018 Clinical Pathway in Efforts to Increase the Quality of Service in the Koja Regional General Hospital. Maj Saintek Kesehat. 2019;6(1):45–53
  14. Mewengkang ML, Ratag GAE, Posangi J. Peluang Pelaksanaan dan Tantangan Pengembangan Hospital without Walls pada Pelayanan Kebidanan dan Kandungan di RSUD Noongan. e-CliniC. 2021;9(2):532
  15. Firmansyah MI. Studi Deskriptif tentang Sinergitas Kewenangan Antara BPJS Kesehatan dengan Organisasi Profesi dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Kota Surabaya. Kebijak dan Manaj Publik. 2016;4(2):146–56
  16. Ningsih NS, Endang Marlina. Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. J Kesehat. 2020;9(1):59–71
  17. Abidin Achmad Z, Zendo Azhari T, Naufal Esfandiar W, Nuryaningrum N, Farah Dhilah Syifana A, Cahyaningrum I. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. J Ilmu Komun. 2020;10(1):17–31
  18. Priambada S. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Semin Nas Sist Inf Indones. 2015;(November):2–3
  19. Mulyasari I, Kodyat AG, Windiyaningsih C. Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2020;4(2):98–111
  20. Aqlya Zuhra Ilma, Catur Sugiarto. Peran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Era JKN dan Masa Pandemi COVID-19. Pros Semin Nas Manaj dan Ekon. 2022;1(1):58–72
  21. Fathoni MI, Mursyid. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Tenaga Non Kesehatan di Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. J Ekon Manaj Pariwisata dan Perhotelan. 2022;1(3)
  22. Nurliyah, Rahmadani S, Rosmanely S. Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene. Kampurui J Kesehat Masy [Internet]. 2022;4(2):96–104. Available from: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.p
  23. Steven R. Strategi Penerapan Budaya Kerja Di Organisasi Pemerintah Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima. 2016;1–23
  24. Muchtarom, Kurniawan E, Andhayany DN. Membangun Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. J Pendidik dan Konseling. 2022;4(6):1349–58
  25. Septiyani D. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Pegawai Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Bagian Keperawatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. J Univ Islam Kalimantan. 2016;1–23
  26. B. Isyandi, Agus Taufiq, Saputra T. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata PBEC. J Ilm Ekon Dan Bisnis. 2022;19(2):172–9
  27. Winda SW. Formularium Nasional (FORNAS) dan e-Catalogue Obat Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi dalam Tata Kelola Obat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Integritas. 2018;4(2):30
  28. Yuliansyah MA, Nuryadi, Herawati YT. Analisis Stakeholder dalam Kebijakan Pemenuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehat. 2016;4(1):152–9
  29. Indika DR, Jovita C. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. J Bisnis Terap. 2017;1(01):25–32
  30. Faluzi A, Machmud R, Arif Y. Analisis Penerapan Upaya Pencapaian Standar Sasaran Keselamatan Pasien Bagi Profesional Pemberi Asuhan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan di Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017. J Kesehat Andalas. 2018;7(2007):34
  31. Adiwidjaja I, Dhuhaniyati L. Implikasi Pelayanan Prima (Service Excellence) Dan Paket Afenda Reformasi Layanan Kesehatan: Pelajaran Menarik Dari Singapura Dan Malaysia Bagi Indonesia. J Reformasi [Internet]. 2012;2(2):109–15. Available from: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/27
  32. Oganda H. Analisis Manajemen Mutu Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu. e-JKPP. 2016;4(1):1–23
  33. Estiningsih AW, Hariyanti T. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Ibu Hamil pada Pelayanan Persalinan (Studi di RS Hermina Tangkubanprahu Malang). J Apl Manaj. 2013;11(2):280–7
  34. Wicaksono B, Samsinar S. Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Pasien Kiropraktik (Studi Kasus: Puri Chiropractic). IDEALIS Indones J Inf Syst [Internet]. 2019;2(3):87–93. Available from: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/608

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-11 20:08:30

No citation recorded.