- Raja S, Carr D, Cohen M, Finnerup N, Flor H, Gibson S. The Revised IASP definition of pain: concepts, challenges, and compromises. 2021;161(9):1976–82. Available from: https://doi.org/10.1097/j.pain.0000000000001939
- Shatri H, Agung RA, Abdullah V, Elita D, Putranto R, Adli M, et al. Factors related to pain management adequacy in patients receiving palliative care: Data from a tertiary hospital in Indonesia. Med J Indones. 2020;29(4):399–402
- Kementerian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/481/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Nyeri. Kemenkes RI. 2019;8(5):55
- Kartikaningrum S. Efektifitas Penggunaan Terapi Inframerah Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Low Back Pain Di Klinik Nyeri Rumah Sakit Premier Surabaya. 2018;5. Available from: http://repository.stikeshangtuahsby-library.ac.id/350/1/SKRIPSI SYOVIANA KARTIKANINGRUM 1711034.pdf
- Nainggolan O. Prevalensi dan Determinan Penyakit Rematik di Indonesia. Manaj Kedokt Indoneisia. 2009;59(12):588–94
- Putra AW. Analisis Permintaan Penggunaan Layanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Di Kabupaten Semarang. Fak Ekon Univ Diponegoro [Internet]. 2010;104. Available from: http://eprints.undip.ac.id/
- Yulinda FA, Prabawani B. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pasien dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap pada Rumah Sakit Permata Medika Semarangx. J Ilmu Adm Bisnis. 2016;5(4):332–40
- Taufik MI, Suprajang SE. Analisis Threats, Opportunity, Weakness, Strengths (Tows) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pr. Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Ris Mhs Ekon. 2015;2:147–68
- Tamara A. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. J Ris Bisnis dan Manaj. 2016;4(3):395–406
- Earnie Elmie H. Peranan Tekno Daie dalam Berdakwah di Era Teknologi Maklumat dan Komunikasi (ICT). Semin Antarabangsa Dakwah Etn 2014 Da’wah Ethn Multidiscip Perspect. 2014;1–11
- Zia HK, Semiarty R, Lita RP. Analisis Swot Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang. J Kesehat Andalas. 2018;7(Supplement 4):6
- Susanto T, Utamidewi W, Muhamad RPN, Syamsuri SA. Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. J Muara Ilmu Sos Humaniora, dan Seni. 2019;3(1):200
- Wardhana A, Rahayu S, Triguno A. Implementasi Clinical Pathway Tahun 2018 dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Implementation of 2018 Clinical Pathway in Efforts to Increase the Quality of Service in the Koja Regional General Hospital. Maj Saintek Kesehat. 2019;6(1):45–53
- Mewengkang ML, Ratag GAE, Posangi J. Peluang Pelaksanaan dan Tantangan Pengembangan Hospital without Walls pada Pelayanan Kebidanan dan Kandungan di RSUD Noongan. e-CliniC. 2021;9(2):532
- Firmansyah MI. Studi Deskriptif tentang Sinergitas Kewenangan Antara BPJS Kesehatan dengan Organisasi Profesi dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Kota Surabaya. Kebijak dan Manaj Publik. 2016;4(2):146–56
- Ningsih NS, Endang Marlina. Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. J Kesehat. 2020;9(1):59–71
- Abidin Achmad Z, Zendo Azhari T, Naufal Esfandiar W, Nuryaningrum N, Farah Dhilah Syifana A, Cahyaningrum I. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. J Ilmu Komun. 2020;10(1):17–31
- Priambada S. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Semin Nas Sist Inf Indones. 2015;(November):2–3
- Mulyasari I, Kodyat AG, Windiyaningsih C. Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2020;4(2):98–111
- Aqlya Zuhra Ilma, Catur Sugiarto. Peran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Era JKN dan Masa Pandemi COVID-19. Pros Semin Nas Manaj dan Ekon. 2022;1(1):58–72
- Fathoni MI, Mursyid. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Tenaga Non Kesehatan di Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. J Ekon Manaj Pariwisata dan Perhotelan. 2022;1(3)
- Nurliyah, Rahmadani S, Rosmanely S. Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene. Kampurui J Kesehat Masy [Internet]. 2022;4(2):96–104. Available from: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.p
- Steven R. Strategi Penerapan Budaya Kerja Di Organisasi Pemerintah Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima. 2016;1–23
- Muchtarom, Kurniawan E, Andhayany DN. Membangun Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. J Pendidik dan Konseling. 2022;4(6):1349–58
- Septiyani D. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Pegawai Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Bagian Keperawatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. J Univ Islam Kalimantan. 2016;1–23
- B. Isyandi, Agus Taufiq, Saputra T. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata PBEC. J Ilm Ekon Dan Bisnis. 2022;19(2):172–9
- Winda SW. Formularium Nasional (FORNAS) dan e-Catalogue Obat Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi dalam Tata Kelola Obat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Integritas. 2018;4(2):30
- Yuliansyah MA, Nuryadi, Herawati YT. Analisis Stakeholder dalam Kebijakan Pemenuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehat. 2016;4(1):152–9
- Indika DR, Jovita C. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. J Bisnis Terap. 2017;1(01):25–32
- Faluzi A, Machmud R, Arif Y. Analisis Penerapan Upaya Pencapaian Standar Sasaran Keselamatan Pasien Bagi Profesional Pemberi Asuhan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan di Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017. J Kesehat Andalas. 2018;7(2007):34
- Adiwidjaja I, Dhuhaniyati L. Implikasi Pelayanan Prima (Service Excellence) Dan Paket Afenda Reformasi Layanan Kesehatan: Pelajaran Menarik Dari Singapura Dan Malaysia Bagi Indonesia. J Reformasi [Internet]. 2012;2(2):109–15. Available from: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/27
- Oganda H. Analisis Manajemen Mutu Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu. e-JKPP. 2016;4(1):1–23
- Estiningsih AW, Hariyanti T. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Ibu Hamil pada Pelayanan Persalinan (Studi di RS Hermina Tangkubanprahu Malang). J Apl Manaj. 2013;11(2):280–7
- Wicaksono B, Samsinar S. Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Pasien Kiropraktik (Studi Kasus: Puri Chiropractic). IDEALIS Indones J Inf Syst [Internet]. 2019;2(3):87–93. Available from: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/608
Last update:
No citation recorded.
Last update: 2025-04-23 21:33:19
No citation recorded.
Copyright 2021 JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia)
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia) and Department of Anesthesiology and Intensive Therapy, Faculty of Medicine, Diponegoro University as publisher of the journal. Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia) and Department of Anesthesiology and Intensive Therapy, Faculty of Medicine, Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here:[Copyright Transfer Form JAI]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Mochamat (Editor-in-Chief)
Editorial Office of JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia)
Department of Anesthesiology and Intensive Therapy, Faculty of Medicine, Diponegoro University/ Dr. Kariadi General Hospital Medical Center (RSUP Dr. Kariadi)
Jl. Dr. Soetomo No. 16 Semarang, Central Java, Indonesia, 50231
Telp. : (024) 8444346
Email : janestesiologi@gmail.com