BibTex Citation Data :
@article{J@TI19278, author = {Manik Mahachandra and Vania Avviantari}, title = {EVALUASI SAFETY CRITICAL EVENT PENGEMUDI BUS UNTUK MEMINIMASI KECELAKAAN LALU LINTAS}, journal = {J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri}, volume = {13}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {Pengemudi bus; Safety critical event; Kondisi jalan; Waktu berkendara; Durasi berkendara}, abstract = { Abstrak Bus sebagai salah satu moda transportasi darat semakin diminati warga masyarakat dan menjadi salah satu solusi kemacetan di kota-kota besar. Untuk itu, keamanan aktivitas berkendara harus menjadi perhatian. Salah satu aspek penting adalah kondisi kelelahan pengemudi, yang dapat mendorong turunnya tingkat kewaspadaan, sehingga memunculkan safety critical event (SCE). SCE adalah suatu kejadian yang mengharuskan pengemudi mengambil tindakan untuk menghindari kecelakaan, yang dapat dikelompokkan menjadi crash relevant conflict, near-crash, dan crash. Untuk membantu pengambil keputusan dalam upaya menekan risiko kecelakaan lalu lintas, maka penelitian ini dilakukan mengetahui fenomena SCE dan faktor pengaruh SCE pada pengemudi bus. Dengan pengamatan naturalistik, aktivitas 18 orang pengemudi bus diamati selama beberapa hari. Wawancara juga dilakukan terkait aktivitas berkendara sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi jalan yang ramai, bentuk jalan yang lurus, dan memiliki banyak persimpangan berhubungan erat dengan frekuensi SCE yang tinggi. Kejadian SCE secara signifikan meningkat pada pukul 10:00-14:00, atau setelah pengemudi bekerja selama lebih dari satu jam. Terakhir, penelitian ini juga menyarankan agar pengemudi diharuskan berhenti sejenak dan beristirahat, masing-masing setelah 1 jam dan 4 jam berkendara untuk menurunkan risiko munculnya kelelahan saat berkendara. Karena itu, penentuan jalur dan penempatan halte dapat diatur untuk menyesuaikan kebutuhan istirahat ini. Abstract Evaluation of Bus Drivers’ Safety Critical Event to Minimize Traffic Accident . Bus has been favorable transportation nowadays, and the number of passangers has been rapidly increase. To ensure the safety on the road, one main aspects that has to be maintained is drivers’ physical condition. On some condition, when the alertness level decrease, drivers may experienced safety critical event (SCE) – an event that requires driver to take action to avoid traffic accident, which can be categorized into crash relevant conflict, near-crash, and crash. Therefore, this study aims to explore the SCE phenomenon and factors that related to it. Applying naturalistic study, video data of 18 bus drivers were collected. Interviews were also conducted after each driving activity. Study results showed that roads that were crowded, considerably straight, or had many intersections significantly correlated with highest occurance of SCE. The number of SCE also significantly higher on 10:00-14:00, or when drivers had been driving for more than one hour. Finally, this study suggest that drivers must stop driving and take some rest, each after 1 and 4 hours driving. So that, the bus route and rest areas can be designed to meet this need. Keywords: Bus driver; Safety critical event; Road condition; Time of driving; Driving duration }, issn = {2502-1516}, pages = {83--90} doi = {10.14710/jati.13.2.83-90}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/19278} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Bus sebagai salah satu moda transportasi darat semakin diminati warga masyarakat dan menjadi salah satu solusi kemacetan di kota-kota besar. Untuk itu, keamanan aktivitas berkendara harus menjadi perhatian. Salah satu aspek penting adalah kondisi kelelahan pengemudi, yang dapat mendorong turunnya tingkat kewaspadaan, sehingga memunculkan safety critical event (SCE). SCE adalah suatu kejadian yang mengharuskan pengemudi mengambil tindakan untuk menghindari kecelakaan, yang dapat dikelompokkan menjadi crash relevant conflict, near-crash, dan crash. Untuk membantu pengambil keputusan dalam upaya menekan risiko kecelakaan lalu lintas, maka penelitian ini dilakukan mengetahui fenomena SCE dan faktor pengaruh SCE pada pengemudi bus. Dengan pengamatan naturalistik, aktivitas 18 orang pengemudi bus diamati selama beberapa hari. Wawancara juga dilakukan terkait aktivitas berkendara sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi jalan yang ramai, bentuk jalan yang lurus, dan memiliki banyak persimpangan berhubungan erat dengan frekuensi SCE yang tinggi. Kejadian SCE secara signifikan meningkat pada pukul 10:00-14:00, atau setelah pengemudi bekerja selama lebih dari satu jam. Terakhir, penelitian ini juga menyarankan agar pengemudi diharuskan berhenti sejenak dan beristirahat, masing-masing setelah 1 jam dan 4 jam berkendara untuk menurunkan risiko munculnya kelelahan saat berkendara. Karena itu, penentuan jalur dan penempatan halte dapat diatur untuk menyesuaikan kebutuhan istirahat ini.
Abstract
Evaluation of Bus Drivers’ Safety Critical Event to Minimize Traffic Accident. Bus has been favorable transportation nowadays, and the number of passangers has been rapidly increase. To ensure the safety on the road, one main aspects that has to be maintained is drivers’ physical condition. On some condition, when the alertness level decrease, drivers may experienced safety critical event (SCE) – an event that requires driver to take action to avoid traffic accident, which can be categorized into crash relevant conflict, near-crash, and crash. Therefore, this study aims to explore the SCE phenomenon and factors that related to it. Applying naturalistic study, video data of 18 bus drivers were collected. Interviews were also conducted after each driving activity. Study results showed that roads that were crowded, considerably straight, or had many intersections significantly correlated with highest occurance of SCE. The number of SCE also significantly higher on 10:00-14:00, or when drivers had been driving for more than one hour. Finally, this study suggest that drivers must stop driving and take some rest, each after 1 and 4 hours driving. So that, the bus route and rest areas can be designed to meet this need.
Keywords: Bus driver; Safety critical event; Road condition; Time of driving; Driving duration
Article Metrics:
Last update:
Exploring the effect of passenger presence on young driver drowsiness in a naturalistic study
Last update: 2024-12-19 20:14:34
Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
View statistics of J@ti Undip:
Articles in J@ti Undip are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License