BibTex Citation Data :
@article{JMKI20033, author = {Nurani Murti and Bagoes Widjanarko and M. Rahfiludin}, title = {Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Ibu Hamil terhadap Kualitas Pelayanan Kelas Ibu Hamil di Kota Semarang}, journal = {Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia}, volume = {6}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {Ibu hamil, Kepuasan}, abstract = { Pencapaian tujuan pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dalam rangka menurunkan AKI secara bermakna dengan deteksi dini dan penanganan ibu hamil berisiko belum tercapai yang mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang masih rendah dan berdampak pada ketidakpuasan terhadap pelayanan di kelas ibu hamil. Gambaran ketidakpuasan meliputi rendahnya kunjungan di kelas ibu hamil (20,37%), ketidakpuasan disebabkan oleh faktor akses, lokasi, fasilitas, kenyamanan dan kurangnya pemberian informasi. Dari studi pendahuluan terhadap 15 peserta kelas ibu hamil sebanyak 67% menyatakan tidak puas dan 33% puas. Pengukuran faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil penting dilakukan sebagai bahan perbaikan berkesinambungan terhadap kualitas pelayanan di kelas ibu hamil. Tujuan penelitian menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil terhadap kualitas pelayanan kelas ibu hamil di Kota Semarang. Rancangan penelitian observasional analitik cross sectional dengan sampel 160 responden perwakilan dari 16 kecamatan di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil berdasarkan uji Chi-Square yaitu fasilitas (nilai p=0,000),lokasi (nilai p=0,003),pendidikan (nilai p=0,000) dan pekerjaan (nilai p=0,001). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah umur (nilai p=0,929),penghasilan (nilai p=1,0),jumlah hamil (nilai p=1,0),usia hamil (nilai p=0,138). Analisis multivariat regresi logistik yaitu faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil adalah fasilitas (nilai p=0,004 dan OR=2,937) dan lokasi (nilai p=0,007 dan OR=2,773) dengan nilai probabilitas 85%. Saran untuk meningkatkan kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan di kelas ibu hamil adalah meningkatkan fasilitas, ketrampilan petugas kesehatan, promosi dan sosialisasi melalui media, partisipasi aktif peserta kelas melalui pembentukan kepengurusan kelas, koordinasi penentuan lokasi kelas ibu hamil dengan sistem mikrosimulasi dan kerjasama interprofesi tenaga kesehatan serta pelibatan institusi pendidikan kesehatan. }, issn = {2548-7213}, pages = {121--131} doi = {10.14710/jmki.6.2.2018.121-131}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/20033} }
Refworks Citation Data :
Pencapaian tujuan pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dalam rangka menurunkan AKI secara bermakna dengan deteksi dini dan penanganan ibu hamil berisiko belum tercapai yang mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang masih rendah dan berdampak pada ketidakpuasan terhadap pelayanan di kelas ibu hamil. Gambaran ketidakpuasan meliputi rendahnya kunjungan di kelas ibu hamil (20,37%), ketidakpuasan disebabkan oleh faktor akses, lokasi, fasilitas, kenyamanan dan kurangnya pemberian informasi. Dari studi pendahuluan terhadap 15 peserta kelas ibu hamil sebanyak 67% menyatakan tidak puas dan 33% puas. Pengukuran faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil penting dilakukan sebagai bahan perbaikan berkesinambungan terhadap kualitas pelayanan di kelas ibu hamil.
Tujuan penelitian menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil terhadap kualitas pelayanan kelas ibu hamil di Kota Semarang. Rancangan penelitian observasional analitik cross sectional dengan sampel 160 responden perwakilan dari 16 kecamatan di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil berdasarkan uji Chi-Square yaitu fasilitas (nilai p=0,000),lokasi (nilai p=0,003),pendidikan (nilai p=0,000) dan pekerjaan (nilai p=0,001). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah umur (nilai p=0,929),penghasilan (nilai p=1,0),jumlah hamil (nilai p=1,0),usia hamil (nilai p=0,138). Analisis multivariat regresi logistik yaitu faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil adalah fasilitas (nilai p=0,004 dan OR=2,937) dan lokasi (nilai p=0,007 dan OR=2,773) dengan nilai probabilitas 85%.
Saran untuk meningkatkan kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan di kelas ibu hamil adalah meningkatkan fasilitas, ketrampilan petugas kesehatan, promosi dan sosialisasi melalui media, partisipasi aktif peserta kelas melalui pembentukan kepengurusan kelas, koordinasi penentuan lokasi kelas ibu hamil dengan sistem mikrosimulasi dan kerjasama interprofesi tenaga kesehatan serta pelibatan institusi pendidikan kesehatan.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 10:06:20
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to JMKI journal and Master’s Study Program in Public Health, Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JMKI journal and Master of Public Health Study Program, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JMKI journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JMKI]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Farid Agushybana, S.KM., Ph.D (Editor-in-Chief)Editorial Office of Jurnal Manajemen Kesehatan IndonesiaMaster of Public Health Study Program, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp./Fax: +62-24-7460044Email: hybana@gmail.com / jmki@live.undip.ac.id
Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia (e-ISSN: 2548-7213, p-ISSN: 2303-3622) is published by Master of Publich Health, Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View statistics