skip to main content

Pengembangan Media Film Sebagai Upaya untuk Menyadarkan Ibu Hamil Mengenai Pentingnya Tes HIV

*Ratih Indraswari  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2018 JURNAL PROMOSI KESEHATAN INDONESIA

Citation Format:
Abstract

WHO memperkirakan bahwa setiap harinya terdapat 1.600 anak-anak yang terinfeksi HIV, atau sekitar 600.000 infeksi HIV baru tiap tahun di seluruh dunia. Penularan melalui perinatal adalah cara penularan yang paling umum terjadi pada anak-anak. Lebih dari 90% kasus AIDS pada anak ditularkan melalui ibunya yang terinfeksi HIV. Sedangkan tes HIV sebagai satu-satunya cara menegakkan diagnosis infeksi HIV belum banyak diketahui ibu-ibu hamil. Sumber informasi mengenai hal ini pun masih sulit ditemui. Pemakaian media audiovisual terbukti sangat efektif dalam menyampaikan pesan. Selain paparan yang luas karena dapat ditayangkan melalui TV, film sebagai media audiovisual juga dinilai lebih menarik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media promosi kesehatan berupa film untuk menyadarkan ibu hamil mengenai pentingnya tes HIV. Penelitian ini mencakup tahapan analisis kebutuhan media informasi dan pengembangan media. Pada tahap analisis kebutuhan media menggunakan metode review literatur (2 penelitian, 2 buku ilmiah, 3 jurnal ilmiah) dan hasil pretest diperoleh dari wawancara perseorangan. Sasaran adalah ibu-ibu hamil yang merupakan ibu rumah tangga beresiko tinggi tertular HIV, tinggal di daerah rural, berpendidikan 9-12 tahun, dan tingkat sosial ekonomi menengah. Film yang diproduksi berjudul “Status” bercerita mengenai seorang suami yang gigih mencari tempat tes HIV untuk istrinya yang sedang hamil. Sebelumnya, rancangan skrip film telah dilakukan ujicoba dan perbaikan sesuai dengan hasil pretest yang didiskusikan dengan para ahli. Film dapat ditayangkan di RS, Puskesmas, Posyandu dan saat melakukan penyuluhan.

The World Health Organization estimates that, every day, about 1600 children is infected with HIV, or there are about 600,000 new infections annually in children throughout the world. Perinatal HIV transmission is the most common route of HIV infection in children. It is now the source of more than 90% of all AIDS cases in children. HIV test, as the only way for make sure the diagnosis, is less known by pregnant women. Information sources are also difficult to get. Using audiovisual in sending message is effective. It’s huge in reaching people and very interesting as well.
This research was aimed to develop movie for pregnant women to aware with HIV test. Literature review (2 researches, 2 scientific books, 3 journal) method was used to analyze information media need. Pretest was conducted by personal interview. The population of this research was pregnant women with high HIV infection risk who are housewives, lived in rural area, 9-12 study years, and middle socio economic level. The movie titled “Status” which is story a husband who not to yield in finding HIV testing place for his pregnant wife. Before, script was pretested, discussed and revised for betterment product. Film can be played in hospital, health center, and HIV socialization as well.

Fulltext View|Download
Keywords: Media; movie; HIV test; Pregnant Women

Article Metrics:

  1. Addo, V., 2005. Pregnant Women’s Knowledge of and Attitudes to HIV Testing at Komfo Anokye Teaching Hospital, Kumasi. Ghana Med Journal, 39(2), pp.50–54
  2. Amy, B. et al., Reducing Children’sTelevision-Viewing Time: A Qualitative Study of Parents and Their Children. Available at: http://www.pediatrics.org [Accessed April 28, 2008]
  3. Anon, Prevention Mother to Child Transmission (PMTCT). Available at: http://www.pmtct.net [Accessed February 7, 2009]
  4. Anonim, 2008. PMTCT Mencegah Penularan HIV dari Ibu ke Bayi. Available at: http://www.satudunia.net [Accessed November 14, 2008]
  5. Depkes RI, 2008. Statistik Kasus HIV/AIDS di Indonesia dilapor s/d Desember 2008, Jakarta
  6. Dewi, R. & Nafikadini, I., 2009. Laporan Residensi di Yayasan Pelita Ilmu,
  7. Hubeis, A., 2007. Pengaruh Desain Pesan Video Instruksional terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani tentang Pupuk Agrodyke. Jurnal Agro Ekonomi, 25(1)
  8. Jowett, G. and L.J., 1971. Movies As Mass Communications, London: Sage Publication
  9. Kartajaya, H., 2005. Winning The Mom Market in Indonesia (Strategi Membidik Pasar Ibu), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  10. Kartajaya, H., Yuswohadi, Madyani, D. & Indrio, B., 2004. Marketing in Venus, Jakarta: Gramedia
  11. Kasilo, D., 2008. Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia, Jakarta: Gramedia
  12. KBI GEMARI, 2009. Program Penanggulangan HIV/AIDS Melalui Pendekatan Ketahanan Keluarga
  13. Komisi Penanggulangan AIDS, 2007. Laporan Lengkap KPA Nasional Periode Januari – Maret 2007, Jakarta
  14. KPAN, 2008. Penularan HIV/AIDS. Available at: http://www.aidsindonesia.or.id [Accessed November 28, 2008]
  15. Kristanti, 1996. Pengetahuan Ibu tentang AIDS, SDKI 1994. Buletin Penelitian Kesehatan, 24
  16. Kuswandi, W., 1996. Komunikasi Massa : Sebuah Analisis Media Televisi, Jakarta: PT Rineka Cipta
  17. Levie, W., Howard & Levie, D., 1975. Pictorial Memory Processes. AVCR, 23(1)
  18. Muninjaya, G., 1998. AIDS di Indonesia: Masalah dan Kebijakan Penanggulangannya, Jakarta: EGC
  19. Report, C.M. and M.W., 2005. Introduction of Routine HIV Testing in Prenatal Care— Botswana, 2004. The Journalof the American Medical Association, 293(2)
  20. Shimp, T.A., 2004. Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Erlangga
  21. UNAIDS, Fast Facts About HIV. Available at: http://www.unaids.org/en/KnowledgeCentre/Resources/FastFacts [Accessed March 31, 2009]
  22. UNICEF, 2004. Learning to survive: How education for all would save millions of young people,
  23. Wartono, 1999. AIDS Dikenal Untuk Dihindari, Jakarta: LEPIN
  24. Widyawati, M., 2009. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Ibu Hamil terhadap HIV/AIDS dan VCT di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota SemarangNo Title. Universitas Diponegoro

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-23 10:34:44

No citation recorded.