ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL YANG BERKAITAN DENGAN STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN DALAM MEMENANGKAN KEUNGGULAN BERSAING

*Novie Danang Raharjo  -  Site Manager PT. Sarana Dwipa Semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keistimewaan produk, kesesuaian produk dan keandalan produk terhadap kinerja pemasaran dan dampaknya kepada keunggulan bersaing. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Chao Shun Hung (1991) dan Sashi dan Stern (1995) yang menemukan pengaruh langsung keistimewaan produk, kesesuaian produk dan keandalan produk terhadap kinerja pemasaran dan pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Sampel penelitian ini adalah manajer pengembang properti, sejumlah 136 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa keistimewaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kesesuaian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, keandalan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dan kinerja pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Temuan empitis tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja pemasaran perlu memperhatikan faktor-faktor seperti keistimewaan produk, kesesuaian produk dan keandalan produk, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja pemasaran.

Keywords: Keistimewaan Produk, Kesesuaian Produk dan Keandalan Produk, Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing

Article Metrics:

Last update: 2021-02-24 14:14:05

No citation recorded.

Last update: 2021-02-24 14:14:06

No citation recorded.