ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang)

*Vita Dhameria  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 May 2014.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pengelolaan bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barangbarang
yang lengkap tetapi lebih dari itu. Pengelolaan bisnis ritel harus melihat dan mengikuti
perkembangan teknologi agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan bersaing. Keunggulan
yang dimiliki pengusaha ritel ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya.
Semakin pesatnya perkembangan retail modern didasarkan pada keinginan Pasaraya Sri
Ratu Pemuda Semarang untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Seseorang membeli
barang atau jasa karena keinginan (wants) dan kebutuhan (needs). Selain itu terdapat kebutuhan
fungsional terkait dengan rutinitas seperti memenuhi kebutuhan keluarga, mencari harga murah,
dan sebagainya. Selain itu, orang membutuhkan hal tersebut untuk memuaskan emosionalnya.
Pada saat ini dalam perilaku pelanggan telah terjadi pergeseran perilaku (perubahan perilaku).
Perilaku orang yang berbelanja dengan terencana menjadi tidak terencana. Orang yang tidak
terencana berfikir pendek dan mencari yang serba instan dan mencari produk yang bisa
memberi keuntungan jangka pendek untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan mata
saja.
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keunikan desain kemasan produk, kondusivitas
store environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsif studi pasa
Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan Pasaraya
Sri Ratu Pemuda Semarang dengan usia diatas 18 tahun yang diharapkan mereka faham
atas pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner. Jumlah responden sebanyak 120 responden.
Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0. Model
penelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari standardized residual covariance
tidak ada yang melebihi ± -2,58 atau ± 2,58. Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan
endogen di uji menggunakan analisis konfrimatori dan uji kelayakan full model dianalsis
menggunakan SEM dimana nilai dari Goodness of Fit untuk Chi-square 104,652; 0,034;
RMSEA 0,051; GFI 0,903; AGFI 0,854; TLI 0,977; CFI 0,982; NFI 0,931; CMIN/DF 1,308.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keunikan desain kemasan produk berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap daya tarik emosional produk, keunikan desain kemasan
produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif.

kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional,
kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
impulsif. kualitas display produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional
produk, kualitas display produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan
pembelian impulsif.

Keywords: Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Daya Tarik

Article Metrics:

Last update: 2021-02-28 19:09:06

No citation recorded.

Last update: 2021-02-28 19:09:06

No citation recorded.