skip to main content

STUDI MENGENAI ORIENTASI STRATEGI DAN KINERJA PEMASARAN

*Samtim Eko Putranto  -  MM Undip Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pimpinan selaku top manajemen memainkan peran penting dalam menjamin suksesnya setiapprogram  organisasi yang  ditujukan  untuk mencapai keunggulan kinerja pemasaran,  dan untuk mencapai kinerja yang  unggul dibutuhkan suatu  budaya perusahaan yang  mampu mengimplementasikan  konsep pemasaran untuk mencapai kinerja pemasaran yang  unggul yang  berupa oriemasi pasar.  Namun demikian  ada anggapan bahwa orientasi pasar saja tidak cukup sehingga diperlukan  kemampuan perusahaan  untuk belajar  lebih cepat  dari kompetitor, sehingga dibutuhkan karaktristik organisasi yang  mampu menumbuhkan kemampuan belajar dalam organisasi, yaitu  orientasi pembelajaran yang  ditujukan  untuk meningkatkan  pemahaman   terhadap  pasar   dan   akan  menghasilkan  tanggapan  dari pelanggan yang sesuai harapan perusahaan.  Dalam konteks ini,  diajukan  model penelitian untuk menguji hubungan kausalitas antara karakteristik pimpinan dengan  orientasi pasar, oriemasi pasar dengan  kinerja  pemasaran,  dan  orientasi pembelajaran  dengan  kinerja pemasaran.  Penelitian  ini menggunakan sample 100  manajer atau pimpinan perusahaan meubel di Kabupaten Jepara,  Jawa Tengah yang dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-28 22:59:51

No citation recorded.