ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA PERCAYA OUTLET PADA PERUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS (Studi Kasus Pada Outlet Jamu Ny. Meneer di Semarang)

*Kristina Safoetry Yulianti  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian  ini menganalisis  faktor-faktor yang mempengaruhi rasa percaya pengecer (outlet) pada  perusahaan  sebagai  upaya  peningkatan  loyalitas.  Agar tidak  ada  keraguan  dalam konteks   faktor-faktor   yang    menentukan    berhasil   tidaknya   usaha    dalam   hubungan pemasaran, peneliti mengemukakan bahwa rasa percaya sebagai sentral keberhasilan hubungan   pemasaran.   Permasalahan   riset   ini   bersumber  pada   research   gap   yaitu banyaknya  faktor yang  mempengaruhi rasa percaya pada penelitian sebelumnya  sehingga menimbulkan  kebingungan  dan  latar belakang penelitian  terdahulu  misal,  merujuk pada keterbatasan  dan  arahan  penelitian  akan  datang  seperti  pada  riset Anderson  dan  Weitz (1992); Singh dan Sirdeshmukh  (2000); Doney  dan Cannon  (1997); Schellhase dkk (2000); Morgan  and  Hunt (1994);  Liu and  Leach  (2001);  Ramadania  (2002);  dan  Garbarino  dan Johnson   (1999).   0leh   karena   itu,   rumusan   masalah   penelitian   ini  yaitu   bagaimana meningkatkan rasa percaya pengecer (outlet) pada  perusahaan.  Selanjutnya  variabel dan indikator penelitian juga didasarkan pada penelitian  terdahulu. Sebuah model telah dikembangkan   dan enam  hipotesis  telah dirumuskan  untuk menjawab  masalah  penelitian iniTeknik pengambilan sampel adalah metode purposive (purposive sampling). Responden dari penelitian  ini  berjumlah   110  responden,  dimana  responden   adalah  outlet jamu  Ny. Meneer  di   Semarang.   Alat  analisa   data  yang   digunakan   adalah   Structural  Equation Modelling (SEM) pada proqrem AMOS  4.01. Hasil  analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian  dapat diterima dengan  baik.  Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan   pengaruh  variabel  komunikasi;  kepuasan   outlet  atas  kebijakan  penjualan; reputasi perusahaan;  kemampuan  tenaga penjual yang berpengaruh terhadap rasa percaya outlet pada  tenaga  penjual;  terhadap  rasa percaya  outlet pada  perusahaan  adalah  positip dan  signifikan.  Dan  pengaruh  rasa  percaya  outlet  pada  perusahaan  terhadap  loyalitas adalah positip dan signifikan.  dan signifikan.

Keywords: Komunikasi, Kepuasan Atas Kebijakan Penjualan, Reputasi Perusahaan, Rasa Percaya Pada Tenaga Penjual, Rasa Percaya Pada Perusahaan, dan Loyalitas.

Article Metrics:

Last update: 2021-02-25 18:54:51

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 18:54:52

No citation recorded.