ANALISIS PROSES PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN PERSPEKTIF TENAGA PEMASARAN (Studi Empiris Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Wilayah 05 Semarang)

*Endang Sulistyawati  -  Bank Negara Indonesia Surabaya, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keterlibatan kerja, usaha kerja dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja tenaga pemasaran dan dampaknya kepada keunggulan bersaing. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Brown (1996); Keller (1997); Brown dan Leigh (1996) dan Slater dan Narver (1995) yang menemukan pengaruh langsung keterlibatan kerja, usaha kerja dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja tenaga pemasaran dan pengaruh kinerja tenaga pemasaran terhadap keunggulan bersaing.
Sampel penelitian ini ada/ah karyawan BNI Wilayah 05 Semarang, sejumlah 100 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pemasaran, usaha kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pemasaran, orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pemasaran dan kinerja tenaga pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja tenag apemasaran, yang merupakan penyebab terjadinya penurunan penjua/an BNI Wilayah 05 Semarang dikarenakan kinerja tenaga pemasaran yang rendah, manajemen perusahaan

 

Keywords: Keterlibatan Kerja, Usaha Kerja Dan Orientasi Pembelajaran, Kinerja Tenaga Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing

Article Metrics:

Last update: 2021-03-07 18:12:05

No citation recorded.

Last update: 2021-03-07 18:12:05

No citation recorded.