ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Bank Syariah Di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta)

Abstract
Kepuasan pelanggan telah menjadi begitu penting, sehingga banyak perbankan yang mempertimbangkannya sebagai elemen penting dalam strategi pemasaran mereka. Kepuasan pelanggan sering dilukiskan sebagai dasar dari sukses di persaingan yang ketat dunia bisnis saat ini. Penelitian ini mengajukan model pemikiran strategik mengenai faktor faktor yang menentukan kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan bank syariah. Jumlah sampel 120 orang nasabah bank syariah di Jawa Tengah dan 0.1. Yogyakarta. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bank syariah yang akan berdampak langsung pada loyalitas pelanggan. Pertama, melalui peningkatan kualitas layanan; kedua, melalui fitur layanan yang lebih menarik; ketiga, melalui penanganan keluhan pelanggan yang lebih baik. Dari ketiga cara ini, penanganan keluhan pelanggan yang lebih baik mempunyai pengaruh terbesar dalam meningkatkan kepuasan pelanggan bank syariah.
Keywords: Kualitas Layanan, Fitur Layanan, Penanganan Keluhan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
Pengaruh Kompetensi Menjual, Kualitas Hubungan, dan Pengalaman Menjual untuk meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada PT. New Ratna Motor Semarang)
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI (Studi Pada Konsumen Produk Batu Potong Besi 4 Inch Merek Wd Di Jawa Tengah)
KINERJA PEMASARAN : ANTESEDENS DAN KONSEKUENSI SEBUAH MODEL TEORETIKAL DASAR
STUDI MENGENAI PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBENTUK KEPUASAN DAN SIKAP PELANGGAN TERHADAP MEREK, SERTA KONSEKUENSINYA PADA MINAT MEREFERENSIKAN MEREK (Studi pada Salon Lie Kuang® di Kota Semarang)
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada PT. Bank Niaga, Tbk Semarang)
Last update: 2021-03-04 01:03:24
No citation recorded.
Last update: 2021-03-04 01:03:26
No citation recorded.