ANALIISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SMK ANTONIUS SEMARANG

*Herwin Hamonangan Sinaga  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 30 Dec 2010.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa dapat
mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat
kepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan
siswa terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya.
Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan
kinerja dari sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong. pengumpulan data
dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, dan siswa SMK Antonius Semarang menjadi
responden.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kepentingan kinerja. Hasil
menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 13
indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam
kuadran C ada 10 indikator (dunulai rendah prioritasnya), dan ada 7 indikator yang masuk dalam
kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).
Keywords: Kualitas Pelayanan, Sarana, Prasarana, Guru, Karyawan, Kurikulum, dan Tata Pamong

Article Metrics:

Last update: 2021-03-03 15:30:43

No citation recorded.

Last update: 2021-03-03 15:30:49

No citation recorded.