ANALIISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SMK ANTONIUS SEMARANG

Abstract
Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa dapat
mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat
kepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan
siswa terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya.
Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan
kinerja dari sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong. pengumpulan data
dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, dan siswa SMK Antonius Semarang menjadi
responden.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kepentingan kinerja. Hasil
menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 13
indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam
kuadran C ada 10 indikator (dunulai rendah prioritasnya), dan ada 7 indikator yang masuk dalam
kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).
mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat
kepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan
siswa terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya.
Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan
kinerja dari sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong. pengumpulan data
dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, dan siswa SMK Antonius Semarang menjadi
responden.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kepentingan kinerja. Hasil
menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 13
indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam
kuadran C ada 10 indikator (dunulai rendah prioritasnya), dan ada 7 indikator yang masuk dalam
kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).
Keywords: Kualitas Pelayanan, Sarana, Prasarana, Guru, Karyawan, Kurikulum, dan Tata Pamong
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
ORIENTASI PASAR DAN INOVASI: PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN
ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Perusahaan kerajinan keramik di Sentra Industri Kasongan, Kabupaten bantu, Yogyakarta)
DINAMIKA STRATEGI PELAYANAN OUTLET DAN KINERJA PEMASARAN
LINGKUNGAN EKSTERNAL,,FAKTOR INTERNAL,DAN ORIENTASI PASAR PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN WORDS OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi Kasus Pada Produk Kerupuk Ikan Lele UKM Minasari Cikaria Pati, Jawa Tengah)
MARKETING STRATEGY MAKING: PROSES & AGENDA PENELITIAN
Last update: 2021-03-03 15:30:43
No citation recorded.
Last update: 2021-03-03 15:30:49
No citation recorded.