ANALISIS SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN

*yosevina ratna tercia  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Sudah  merupakan  hat yang  umum bahwa jika  suatu perusahaan  ingin  sukses  maka perusahaan   tersebut   harus   mempunyai   budaya   bisnis   yang   berorientasi   kepada pelanggan, dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa selama empat dekade sejak diperkenalkannya   konsep  pemasaran,   orientasi  pelanggan   telah   dianggap  sebagai landasan (cornerstone) atas teori maupun praktek dari manajemen  pemasaranKonsep orientasi pelanggan yang dianut oleh perusahaan harus mampu dijalankan oleh semua anggota  dari  perusahaan,  khususnya  oleh  tenaga  penjualan  yang  merupakan  ujung tombak keberhasilan perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan penerapan konsep orientasi pada pelanggan dan disertai dengan suatu rangakaian pembelajaran organisasional di dalam perusahaan maka diharapkan   kinerja tenaga penjualan  dapat  ditingkatkan.   Tujuan  dan  kegunaan  dari penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui besarnya pengaruh sikap kewirausahaan dan fleksibilitas organisasi terhadap orientasi  pelanggan  serta  besarnya  pengaruh  orientasi pelanggan  dan pembelajaran organisasional terhadap kinerja  tenaga penjualan.  Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga penjualan motor pada dealer- dealer PT. ASTRA HONDA di kota semarang.  Data diperoleh dari kuesioner sedangkan tenaga penjualan yang memberikan jawaban untuk penelitian  ini  berjumlah  120  orang.  Data  dianalisis  dengan  menggunakan  Structural Equation Modelling (SEM).

Keywords: Sikap Kewirausahaan, Fleksibilitas Organisasi, Orientasi Pelanggan, Pembelajaran Organisasional, Kinerja Tenaga Penjualan

Article Metrics:

Last update: 2021-04-14 02:15:55

No citation recorded.

Last update: 2021-04-14 02:15:55

No citation recorded.