skip to main content

PENGUKURAN KEPUASAN PESERTA JKN MELALUI PENDEKATAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS

*Dina Lusianti  -  Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Peogram Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan menerapkan sistem kendali mutu dan kendali biaya. Pelayanan yang diberikan diharapkan dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya kepastian jaminan, BPJS Kesehatan senantiasa berupaya menempatkan kepuasan Peserta JKN sebagai salah satu kinerja yang harus terus ditingkatkan. Sebagai upaya peningkatan kepuasan Peserta maka dilakukan pendekatan melalui Importance-Performance Analysis (IPA). Melalui pendekatan IPA dapat diketahui besaran indeks kepuasan Peserta sekaligus analisa mengenai atribut yang membutuhkan penanganan lebih lanjut guna meningkatkan kepuasan Peserta JKN. Diperoleh indeks kepuasan Peserta JKN Cabang Pati pada hal layanan administrasi sebesar 88,85 persen. Adapun atribut yang perlu ditingkatkan adalah mengenai jaminan waktu apabila terdapat kendala aplikasi karena adanya maintenance maupun perbaikan lainnya.

Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan, JKN, IPA

Article Metrics:

Last update: 2021-07-27 07:19:20

No citation recorded.

Last update: 2021-07-27 07:19:20

No citation recorded.