skip to main content

Pemasaran Sosial; Sejarah, Isu, dan Perkembangan Masa Kini

*Mohammad Eko Fitrianto orcid  -  Department of Management, Economics Faculty, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan: Paper ini membahas sejarah pemasaran sosial, serta isu-isu yang berkembangan saat ini. Konsekuensi dari perluasan konsep pemasaran (dari organisasi bisnis ke non-bisnis) yang berdampak pada banyak hal dibahas secara umum, dan arah perkembangan disiplin ilmu pemasaran sosial dengan tantangannya dimasa kini.

Metode: Paper konseptual ini menggunakan metode penelusuran sejarah dan aspek filosofi dari pemasaran sosial untuk memberikan pemahaman dan penjelasan dari fenomena pemasaran saat ini. 

Temuan: Fakta tentang konsekuensi dari perluasan konsep pemasaran, membuka peluang banyak hal. bahwa terdapat relevansi apa yang disampaikan pada era sebelumnya tentang pemasaran sosial, dan membutuhkan penyempurnaan dan penyesuaian dengan kondisi sekarang.

  • Marketing-like activity menjadi inti dari perluasan konsep pemasaran menjadi pemasaran sosial
  • Marketing mix sebagai perangkat pemasaran sosial yang diadopsi dari pemasaran tradisional menuai beragam respon, mulai dari menambahkan, merevisi, maupun meninggalkannya.
  • Perluasan pada fokus target audience, bukan hanya downstream, tapi juga midstream dan upstream.
  • Untuk melaksanakan perubahan terencana pada perilaku, digunakan pendekatan teori-teori perilaku seperti: social learning theory, theory of planned behavior, maupun theory diffusion of innovations.

Pembahasan: Perkembangan pemasaran sosial menangkap beberapa isu-isu sosial baru yang muncul karena perkembangan masyarakat, seperti: isu teknologi (sisi gelap teknologi), kesehatan, lingkungan, peradaban dan lain-lain.

Keterbatasan: Paper ini merupakan kajian literatur yang membahas pemasaran sosial secara luas dan umum terkait isu-isu pemasaran sosial. Paper ini belum melakukan pembahasan lebih dalam pada topik-topik tertentu.

Originality/value: Paper ini mencoba merangkum isu-isu yang berkembang, cara penanganannya dan kemudian sintesa dengan tantangan yang dihadapi.
Fulltext View|Download
Keywords: Social marketing, History, Theory, Concept, Marketing-like activities, Social marketing mix

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-07 16:44:05

No citation recorded.