skip to main content

ANALISIS KUALITAS LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DI WILAYAH TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Muhammad Yahya Yasin  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
*Risa Ardila Salamah  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Muhamad Akil Hakim  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Muhammad Nabil Assalam  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Marsya Mutia  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Adi Prehanto  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bisnis layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi. Layanan ini terus berkembang pesat, termasuk di wilayah Tasikmalaya, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan adopsi teknologi digital. Namun, tantangan terkait kualitas layanan, seperti keterlambatan pengiriman dan ketidaktersediaan menu, masih sering dihadapi oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan online food delivery di Tasikmalaya menggunakan metode E-ServQual, yang melibatkan tujuh dimensi, yaitu efisiensi, keandalan, pemenuhan, privasi, responsivitas, kompensasi, dan kontak. Berdasarkan analisis tersebut, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana setiap dimensi memengaruhi tingkat kepuasan konsumen serta mengidentifikasi kendala dan solusi potensial untuk meningkatkan layanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi online food delivery dalam meningkatkan kualitas layanan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen di masa depan.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Instrumen Penelitian
Subject
Type Research Instrument
  Download (19KB)    Indexing metadata
Keywords: online food delivery; E-ServQual; kualitas layanan; kepuasan konsumen

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-09-29 00:52:34

No citation recorded.