skip to main content

Sintesis dan Karakterisasi Katalis Pd/Ce/Zeolit

1Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University, Indonesia

2Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, Indonesia

Published: 1 Dec 2004.
Open Access Copyright 2004 Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract
Telah dilakukan sintesis katalis Pd/Ce/Zeolit, sintesis dilakukan dengan cara impregnasi larutan garam palladium dan serium pada zeolit , kalsinasi dilakukan pada suhu 600 ºC dengan dialiri N2 selama 4 jam kemudian O2 selama 1 jam selanjutnya direduksi dengan H2 pada 900 ºC selama 5 jam. Karakterisasi katalis dilakukan dengan menggunakan difraktometer sinar-X dan uji katalitik dilakukan terhadap umpan gas CO, banyaknya CO yang terkonversi ditentukan dengan kromatografi gas. Disimpulkan bahwa spesies logam yang terbentuk adalah Pd(0), PdO, PdO2, Ce2O3,dan Ce6O11. Katalis Pd/Ce/zeolit pada konsentrasi Ce 3 % adalah yang terbaik mempunyai ukuran partikel PdO/ Ce2O3 279,09/263,69 dengan kemampuan konversi terhadap gas CO 78,789 % pada suhu 700 ºC.
Fulltext View|Download
Keywords: Katalis; impregnasi; kalsinasi

Article Metrics:

Article Info
Section: Research Articles
Language : ID
Statistics:
  1. Cordatos, H. and R.J. Gorte, 1996, CO, NO, and H2 Adsorption on Ceria Supported Pd, J. Catal, 159, 112
  2. Coulstone, George W, and Gary L. Haller, 1992, Kinetics and Mechanism of Carbon Monoxide Oxidation on Platinum, Palladium, and Rhodium Foils, J. American Chemical Society
  3. Cullity, B.D., 1978, Element of X-Ray Diffraction, Addison-Wesley, London
  4. Gasser,R.P.H, 1985, An Introduction to Chemisorption and Catalysis by Metals
  5. Monteiro, R.S, Fabio Bellot Noronha, Lidia Chaloub Dieguez and Martin Scmal, 1995, Characterizaton of Pd-CeO2 Interaction on Alumina Support and Hydrogenation of 1,3-Butadiene, Appl. Catal. A: General., 131,89

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.