BibTex Citation Data :
@article{Lenpust35767, author = {Afni Afifah and Santi Santika}, title = {Analisis Promosi Layanan Perpustakaan Digital iSabilulungan}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {7}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {promosi; isabilulungan; dinas arsip dan perpustakaan kabupaten bandung}, abstract = { Penelitian ini menjelaskan mengenai upaya promosi layanan perpustakaan digital iSabilulungan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. iSabilulungan merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi eReader dan fitur media sosial seperti chatting dan sharing untuk mewadahi adanya interaksi antar pemustaka. Untuk dapat dimanfaatkan oleh pemustaka secara maksimal, perlu adanya promosi sehingga layanan perpustakaan digital iSabilulungan ini dapat lebih banyak dikenal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai promosi salah satu layanan yang dikembangakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung yaitu layanan perpustakaan digital iSabilulungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan wawancara secara mendalam dan observasi pada website dan media sosial yang dimiliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung sebagai sarana promosi secara daring. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, promosi iSabilulungan biasa dilakukan baik secara daring melalui media sosial Instagram, Facebook hingga website. Adapun secara luring yaitu melalui berbagai kegiatan dan event yang dilaksanakan maupun diikuti oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung seperti Festival Literasi, Bimbingan Teknis, lomba, kunjungan dari sekolah, hingga promosi yang dilakukan bersamaan dengan layanan perpustakaan keliling dan layanan SATALI (Sabilulungan Wisata Literasi). Promosi secara luring dan daring tersebut kemudian dianalisis kembali berdasarkan teori Philip Kotler tentang macam-macam promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, publicity, personal selling serta direct marketing. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi sarana yang secara tidak langsung ikut mempromosikan layanan perpustakaan digital iSabilulungan juga meningkatkan kegiatan promosi yang sedang berlangsung. }, issn = {2540-9638}, pages = {171--186} doi = {10.14710/lenpust.v7i2.35767}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/35767} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini menjelaskan mengenai upaya promosi layanan perpustakaan digital iSabilulungan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. iSabilulungan merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi eReader dan fitur media sosial seperti chatting dan sharing untuk mewadahi adanya interaksi antar pemustaka. Untuk dapat dimanfaatkan oleh pemustaka secara maksimal, perlu adanya promosi sehingga layanan perpustakaan digital iSabilulungan ini dapat lebih banyak dikenal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai promosi salah satu layanan yang dikembangakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung yaitu layanan perpustakaan digital iSabilulungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan wawancara secara mendalam dan observasi pada website dan media sosial yang dimiliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung sebagai sarana promosi secara daring. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, promosi iSabilulungan biasa dilakukan baik secara daring melalui media sosial Instagram, Facebook hingga website. Adapun secara luring yaitu melalui berbagai kegiatan dan event yang dilaksanakan maupun diikuti oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung seperti Festival Literasi, Bimbingan Teknis, lomba, kunjungan dari sekolah, hingga promosi yang dilakukan bersamaan dengan layanan perpustakaan keliling dan layanan SATALI (Sabilulungan Wisata Literasi). Promosi secara luring dan daring tersebut kemudian dianalisis kembali berdasarkan teori Philip Kotler tentang macam-macam promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, publicity, personal selling serta direct marketing. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi sarana yang secara tidak langsung ikut mempromosikan layanan perpustakaan digital iSabilulungan juga meningkatkan kegiatan promosi yang sedang berlangsung.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-23 06:20:07
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Dr. Heriyanto (Editor-in-Chief)Editorial Office of Lentera PustakaLibrary Science, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp: +62-24-76480619Email: lenterapustaka@live.undip.ac.id