skip to main content

Pengaruh Paparan Media Video Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) Terhadap Kompetensi Gizi Siswa SD di Wilayah Replete GAKI

*Faqihatin Afifa  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Laksmi Widajanti  -  Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Achadi Nugraheni  -  Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan masaIah gizi yang berdampak terhadap tingkat kecerdasan  dan gangguan mentaI yang faktor resikonya pada anak SD. Wilayah yang pernah menjadi endemis GAKI kemudian telah membaik dikatakan sebagai wilayah replete GAKI. Kompetensi seorang anak dinilai dari 3 aspek yaitu kompetensi pengetahuan, sikap serta keterampilan/praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh paparan  media Video GAKI terhadap Kompetensi gizi siswa SD di wilayah Replete.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan Quashy Eksperimental dengan rancangan pretest-posttest one group design dan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling . populasi yang diteliti ada 1 sekolah dasar dengan jumlah siswa 141 yang ada di wilayah replete GAKI dan sampel yang diambil adalah 33 siswa kelas IV dan V.

Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perubahan skor pengetahuan dan sikap sebesar 15,38, perubahan skor untuk praktik konsumsi iodium sebesar 23,03 sedangkan perubahan skor untuk kompetensi gizi yang meliputi pengetahuan sikap dan praktik konsumsi iodium sebesar 17,81. Perbedaan antara pengetahuan, sikap, praktik konsumsi iodium serta kompetensi gizi siswa sebelum dan sesudah intervensi (p<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan. Analisis data menggunakan paired t-test dan Wilcoxon signed rank test

Simpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan melalui video berpengaruh pada pengetahuan, sikap, praktik konsumsi iodium serta kompetensi gizi siswa.

Kata kunci: GAKI, Video, Kompetensi gizi, Siswa SD

 

ABSTRACT

Title: The Effect Of Video Disturbances Due To Iodine Deficiency To The Nutritional Competency Of Students To The Replete Area Of The District Magelang  (Study of Students of Bumiharjo Elementary School in Magelang District in 2019)

 

Background: Iodine Deficiency Disorders (IDD) is a nutritional period that has an impact on the level of intelligence and mental disorders which are risk factors for elementary school children. Regions that were once endemic to IDD then have improved as the replete GAKI region. The competency of a child is assessed from 3 aspects, namely competence in knowledge, attitude and skills / practice. The purpose of this study was to analyze the effect of GAKI Video media exposure on the nutrition competency of elementary students in the Replete area.

Method: This type of research is an experimental quashy with one group design pretest-posttest design and sampling using stratified random sampling. the population studied was 1 elementary school with 141 students in the replete GAKI region and the samples taken were 33 grade IV and V students.

Result: The results of statistical tests showed that there were changes in knowledge and attitude scores of 15.38, changes in scores for iodine consumption practices amounting to 23.03 while changes in scores for nutritional competencies which included knowledge of attitudes and iodine consumption practices were 17.81. The difference between knowledge, attitudes, iodine consumption practices and student nutritional competencies before and after the intervention (p <0.05) showed differences. Data analysis used paired t-test and Wilcoxon signed rank test.

Conclusion: The conclusion of this study is that health education through video influences knowledge, attitudes, iodine consumption practices and student nutritional competencies.

Keywords: IDD, Video, Competency of Nutrition, Elementary School Students

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
PENGARUH PAPARAN MEDIA VIDEO GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN IODIUM (GAKI) TERHADAP KOMPETENSI GIZI SISWA SD DI WIIAYAH REPLETE GAKI (Studi pada Siswa SDN Bumiharjo Kabupaten Magelang Tahun 2019)
Subject GAKI, Video, Kompetensi gizi, Siswa SD
Type Research Instrument
  Download (40KB)    Indexing metadata
Keywords: GAKI; Video; Kompetensi gizi; Siswa SD

Article Metrics:

  1. Kemenkes. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015 - 2019. jakarta: kementerian Kesehatan; 2015
  2. Arisman. Gizi dalam Daur Kehidupan : Buku ajar ilmu gizi. jakarta: buku Kedokteran EGC; 2004
  3. Greenspan FS BJ. Endokrinologi dasar & klinik(Basic & Clinical Endocrinology). 4th ed. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2000
  4. Arisman. Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta: EGC; 2009
  5. Departemen Kesehatan RI. Bantuan Teknis untuk Studi Evaluasi Proyek Intensifikasi Penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (IP - GAKY). Dana Bantuan IBRD N0. 4125 - IND. Jakarta: Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat; 2004
  6. Andriani, M & Wirjatmaji B. pengantar Gizi Masyarakat. jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2012
  7. Word Bank, WHO M of H. iodine deficiency in Indonesia. 2001
  8. Djokomoeljanto. Spektrum Klinik GAKI dari Gondok Hingga Kretin Endemik. jakarta; 2002
  9. Pramono LA. Gangguan Akibat Kekurangan Iodium di Indonesia: Tinjauan Epidemiologis dan Kebijakan Kesehatan. Kesmas Natl Public Heal J [Internet]. 2009;4(2):71. Available from: http://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/190
  10. Jalal, F. dan Atmojo S. Gizi dan Kualitas Hidup : Agenda Perumusan Program Gizi Repelita VII untuk Mendukung Pengembangan Sumbe r Daya Manusia yang Berkualitas. Jakarta: Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi VI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia; 1998
  11. Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. jakarta: P.T Rineka Cipta; 2014
  12. Hapsari MR. Pengaruh penerapan metode brainstorming disertai pemutaran video terhadap peningkatan pengetahuan tentang Gangguan Akibat Kekurangan Iodium pada siswa kelas V SDN Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun 2010/2011. E J Boga. 2011
  13. Widodo ZTCUS. Pengaruh pendidikan gizi pada murid Sekolah Dasar terhadap pengingkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu keluarga mandiri sadar gizi di Kabupaten Indragiri Hilir. J Gizi Klin Indones. 2006;3(1):81–5
  14. Rahayu AS, Nadhiroh SR, Andrias DR. Perbedaan praktik konsumsi sayur dan buah melalui edukasi gizi ceramah-cooking class (Studi di Sekolah Dasar Al Uswah Bangil Pasuruan ). 2013;(2012)
  15. Febriani C. Pengaruh media video terhadap motivasi Belajar dan hasil belajar kognitifpembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. 2008

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 08:04:30

No citation recorded.