skip to main content

Strategi dan Aspek Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Cakupan Pelayanan Inspeksi Visual Asam Asetat (Studi Kasus di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang)

*Siti Afuzal Ulya  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Antono Suryoputro  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Nurhasmadiar Nandini  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Beberapa Puskesmas di Kota Semarang sudah memiliki pelayanan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) sebagai suatu upaya deteksi dini kanker serviks bagi wanita usia subur namun pemanfaatan pelayanan IVA masih belum mencapai target. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis strategi dan aspek bauran pemasaran untuk meningkatkan cakupan pelayanan IVA (Studi Kasus di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang.

Metode: Penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu indepth interview dengan purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah produk, harga, tempat, promosi, faktor internal, eksternal dan cakupan pelayanan.

Hasil: Cakupan pelayanan IVA di Puskesmas Kedungmundu mengalami peningkatan namun belum masih belum mencapai target. Pada aspek produk, masih ada pasien yang merasa takut dan proses informasi konseling belum lengkap. Aspek harga menunjukkan bahwa tidak ada masalah dalam hal biaya, waktu dan kenyamanan pasien. Aspek tempat menunjukkan bahwa lokasi dan durasi pelayanan sesuai kebutuhan pasien. Aspek promosi, belum rutin melakukan sosialisasi dan penggunaan media promosi tentang IVA belum optimal. Hal ini didukung dengan faktor internal yang menunjukkan kurangnya jumlah petugas terlatih IVA serta faktor eksternal menunjukkan bahwa sarana prasarana sudah mencukupi namun kualitas standar operasional prosedur belum diperhatikan.

Simpulan: Oleh karena itu, Puskesmas Kedungmundu perlu memberikan informasi konseling yang lengkap, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang tentang kualitas supervisi, meningkatkan jumlah petugas yang menerima pelatihan IVA dan meningkatkan promosi.

Kata kunci: Analisis; pelayanan IVA; bauran pemasaran

 

ABSTRACT

Title: Strategy and Marketing Mix Aspect to Increase Acetic Acid Visual Inspection Service Covergae (Case Study at Kedungmundu Public Health Center, Semarang City)

Background: Several Public Health Center in Semarang City already have VIA (Visual Inspection with Acetic Acid) services as an effort to detect cervical cancer for women of reproductive age however, the utilization of VIA services have not reached the target. This study aimed to analyze the marketing mix strategy to increase the coverage of VIA services (Case Study at Kedungmundu Public Health Center, Semarang City).

Method: Qualitative research uses a descriptive approach. The data technique is in-depth interviews with purposive sampling. The variables studied were product, price, place, promotion, internal factors, external service coverage.

Result: The coverage of IVA services at the Kedungmundu Health Center has increased but has not yet reached the target.  In the product aspect, there are still patients who feel afraid and the counseling information process is incomplete. The price aspect shows that there is no problem in terms of cost, time and patient comfort. The place aspect shows that the location and duration of service match the patient's needs. Promotion aspect, socialization is not routine yet and the use of promotional media about IVA is not optimal. This is supported by internal factors which indicate a lack of VIA trained personnel and external factors, it shows that the facilities and infrastructure are sufficient however the quality of procedur operational standard have not been attention.

Conclusion: Thus, Kedungmundu Public Health Center need to give complete counseling information, coordination with the Semarang City Health Office about supervision quality, increasing the number of officers receiving VIA training and increasing promotion.

Keywords: Analysis; VIA service; marketing mix

Fulltext View|Download
Keywords: Analisis; pelayanan IVA; bauran pemasaran

Article Metrics:

  1. Saraswati, Meytria, Sriatmi Ayun PJS. Analisis Implementasi Program Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Di Puskesmas Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2017;5
  2. Kemenkes RI. Data dan Informasi profil Kesehatan Indonesia 2018. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. 2018
  3. Rasjidi I. Epidemiologi kanker pada wanita. Jakarta: Sagung Seto; 2010
  4. World Health Organization. Comprehensive Cervical Cencer Control : A Guide to Essential Practice. Geneva; 2014
  5. Semarang DKK. Laporan P2P Tahun 2018. 2018
  6. Kartika Wulan LR, Suryawati C, Saputro D. Analisis Rencana Strategi Pemasaran Layanan Unggulan Poli Mata Semarang Eye Center Di RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2013. J Kesehat Masy. 2014;2(1):50–5
  7. Pudjiastuti W. Social Marketing Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. 1st ed. Jakarta; 2016
  8. RI KK. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.34 Tahun 2015. 2015
  9. Pratiwi AM. Riwayat Mendapat Konseling Tentang IVA Berhubungan dengan Keikutsertaan IVA pada Wanita Usia Subur di Puskesmas Sedayu I dan Sedayu II Bantul. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;4(1):25
  10. Anggraini MD, Murdyastuti A, Wasiati I, Kalimantan J. Inovasi Pelayanan SAKINA di Puskesmas Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi ( SAKINA Service Innovation at Sempu Public Health Center , Sempu Sub-Regency , Banyuwangi Regency ). 2017;IV:75–81
  11. Singh, Smita, Patricia Doyle Corner KP. Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. עלון הנוטע. 2015;66:37–9
  12. Widowati K, Nugraha P, Husoodo BT. PEMASARAN SOSIAL POSYANDU LANSIA (Studi Kualitatif Wilayah Kerja Puskesmas Pudakpayung Kota Semarang). J Kesehat Masy. 2019;7(1):501–9
  13. Keller K. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2009
  14. Sihombing LH. Pengaruh Ketersediaan Sarana, Pengetahuan Dan Sikap Lanjut Usia (Lansia) Terhadap Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Helvetia Kota Medan. 2012;
  15. Apriyanti R. Peningkatan Cakupan Pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) and Cryotheraphy Based on Marketing Mix Analysis [Internet]. Universitas Airlangga; 2017. Available from: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59049
  16. Amelia R, Fajriyah UN, Octaviani DA. Evaluasi Pelaksanaan Program Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Metode Clinical Breast Examination (CBE). J Kebidanan. 2019;9(1):56–69
  17. Departemen Kesehatan RI. Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara. 2015. 1-47 p
  18. Yuliawati. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku WUS dalam Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA di Wilayah Puskesmas Prembun Kabupaten Kebumen Tahun 2012. 2012;
  19. Laksana F. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2008
  20. Indiahono D. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta: Gava Media;
  21. Simamora I. Pengaruh Pelatihan SDM Terhadap Kinerja Pegawai di Puskesmas Patumbak Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018 [Internet]. Universitas Sumatera Utara. 2018. Available from: http://repositori.usu.ac.id
  22. Riskiyah R, Hariyanti T JS. Pengalaman Pasien Rawat Inap terhadap Penerapan Patient Centered Care di RS UMM. Kedokt Brawijaya. 2017;29(4):358–63
  23. Umardiono A, Andriati A HN. Peningkatan Pelayanan Kesehatan Puskesmas Untuk Penanggulangan Penyakit Tropis Demam Berdarah Dengue. JAKPP (Jurnal Anal Kebijak Pelayanan Publik) [Internet]. 2019;4(1):60–7. Available from: http://journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp/article/view/5905
  24. Yulian, R. Optimalisasi Pelayanan ( Service ) Puskesmas Dalam Peningkatan Raya Provinsi Kalimantan Barat. J Fak Ekon dan Bisnis. 2017;13(2):850–67
  25. Mursyid H. Pelaksanaan Program Usaha Sekolah di Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Medan Tahun 2003. 2003
  26. Hoki S. Evaluasi Implementasi Program Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA di Puskesmas Andalas 2016. Kesehat Masy. 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 19:25:09

No citation recorded.