IMPLEMENTASI AKAD WAKALAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) SYARIAH CABANG SURAKARTA

Haryo Normala Meilano, Burhanudin Harahap
DOI: 10.14710/mmh.47.2.2018.128-137
Copyright (c) 2018 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui dan mengkaji bagaimanakah aplikasi akad wakalahditerapkan, untuk memenuhi rukun jual beli dalam pembiayaan murabahah, apakah sudah sesuai dengan ketentuan syariah maupun hukum yang berlaku demi tercapainya kemaslahatan. Metode penelitian hukum yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian hukum, menggunakan
metode pendekatan empiris.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif dan penafsiran hukum.Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa akad Pembiayaan Murabahah di Bank BNI Syariah cabang Surakarta tidak sesuai dengan ketentuan fatwa DSN no 04/DSNMUI/IV/2000 sebagai pedoman dalam pelaksanaan produkpembiayaan tersebut


Full Text: PDF

Keywords

murabahah, wakalah, perbankan syariah.

References

Anshori, A. (2009). Perbankan syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fauzi, M. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keinginan Migrasi Nasabah Bank Umum Syariah di Kota Semarang. IAIN Walisongo.

Fauzi, M. (2015). Akad Murabahah Ideal dalam Pembiayaan Kepemilikan Rumah pada Bank Syariah dalam Sistem Hukum Tanah di Indonesia (Studi pada Perjanjian Murabahah pada Bank Syariah Mandiri). Universitas Sebelas Maret.

Fikri, Y. (2014). Wakalah. Jurnal Ekonomi Islam, 7–10.

Hafidh, M. (2014). Rekonstruksi Isi Akta Notaris Perbankan Syariah Untuk Murabahah Berdasarkan Nilai Ajaran Islam Dan Nilai Keadilan. Universitas Islam Sultan Agung.

Huriah, S. (2014). Pembiayaan Akad Jual Beli dengan Sistem Murabahah di BMT Al-Ikhlas Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Jannah, N. (2015). The Implementation of Murabahah bil Wakalah Financing in BRI Syariah Unit Genteng Banyuwangi. Jurisdictie: Jurnal Hukum Dan Syariah, 6(1), 80.

Kalsum, U. (2014). Riba dan Bunga Bank dalam Islam (Analisis Hukum dan Dampaknya terhadap Perekonomian Umat). Jurnal Al-Adl, 7(2), 68–69.

Karim, A. (2006). Bank Islam Analisis Figh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusika, S. (2009). Arti Penting Akad Wakalah (Kuasa Membeli) dalam Akad Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri Cabang Palu. Universitas Gadjah Mada.

Lathif, A. (2013). Konsep dan Aplikasi Akad Murabahah pada Perbankan Syariah di Indonesia. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 12, 74–75.

Law Office of Remy & Darus. (2002). Naskah Akademik Rencana Undang-Undang tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Law Office of Remy & Darus.

Madjid, N. (2011). Nuansa Konvensional dalam Perbankan Syariah. Nalar Fiqh: Jurnal Ekonomi Islam Dan Kemasyarakatan, 4(1), 10.

Marla, Y. (2010). Penerapan Akad Wakalah pada Pembiayaan Kepemilikan Rumah Murabahah Bank BTN Syariah Cabang Batam. Universitas Gadjah Mada.

Maulidizen, A. (2016). Aplikasi Pembiayaan Modal Kerja Murabahah Bi Al- Wakalah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 16(1), 93.

Nuhyatia, I. (2013). Penerapan dan Aplikasi Akad Wakalah pada Produk Jasa Bank Syariah. Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 3(2), 114–115.

Otoritas Jasa Keuangan. (2006). Standar Produk Perbankan Syariah Murabahah. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Ramdhanie, M. (2014). Penerapan Asas salin Menguntungkan dalam Akad Pembiayaan Murabahah pada PT Bank Syariah Mandiri Pangkalan Bun. Universitas Gadjah Mada.