skip to main content

Efektivitas Metode Kampanye dalam Meningkatkan Kesadaran Politik: Studi Kasus Kabupaten Temanggung

Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia

Open Access Copyright (c) 2025 Politika: Jurnal Ilmu Politik under https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas berbagai metode kampanye dalam meningkatkan kesadaran politik di Kabupaten Temanggung. Studi ini menggunakan pendekatan normatif dengan analisis data dari survei, wawancara, dan dokumen terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa metode dialog tatap muka adalah yang paling efektif dalam memperkenalkan calon legislatif, diikuti oleh spanduk/baliho, terutama di kalangan wiraswasta dan pedagang. Media sosial, khususnya Instagram, juga menjadi platform penting untuk mencapai audiens yang lebih luas. Penelitian ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks lokal, faktor lingkungan, dan literasi media dalam merancang kampanye politik. Strategi yang inklusif dan adaptif terhadap perubahan politik serta penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi masyarakat. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi pembuat kebijakan dan partai politik dalam merancang strategi kampanye yang lebih efektif.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Dinamika Politik Perilaku dan Partisipasi Memilih Masyarakat di Kabupaten Temanggung Dalam Kontestasi Pemilihan Umum
Subject
Type Research Instrument
  Download (134KB)    Indexing metadata
 common.other
Efektivitas Metode Kampanye dalam Meningkatkan Kesadaran Politik: Studi Kasus Kabupaten Temanggung
Subject
Type Other
  Download (B)    Indexing metadata
 common.other
Efektivitas Metode Kampanye dalam Meningkatkan Kesadaran Politik: Studi Kasus Kabupaten Temanggung
Subject
Type Other
  Download (163KB)    Indexing metadata
Keywords: campaign methods, local politics, media literacy, political awareness

Article Metrics:

  1. Adnan, M., & Mona, N. (2024). Strategi Komunikasi Politik melalui Media Sosial oleh Calon Presiden Indonesia 2024. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 15(1), 1–20. https://doi.org/10.14710/politika.15.1.2024.1-20
  2. Aldiansyah, M. F., & Winarsih, A. S. (2022). Inovasi Pelayanan KTP Elektronik Melalui Aplikasi Temanggung Gandem Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pemerintahan Nakhoda. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.272
  3. Alina, Y. F. (2022). Reaktualisasi Pendidikan Politik Dalam Menghadapi Politik Uang Melalui Gerakan Desa Anti Politik Uang. Politicos Jurnal Politik Dan Pemerintahan. https://doi.org/10.22225/politicos.2.2.2022.145-163
  4. Anderson, I., & Kuswanto, K. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Probabilitas Pelaksanaan Hak Politik Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019 Di Kota Jambi (Pendekatan Regresi Logit). JWP (Jurnal Wacana Politik). https://doi.org/10.24198/jwp.v6i2.32242
  5. Arini Nova Istiqomah, Yasmine Amira Uzhma, & Syifa Fadilah. (2023). Peranan Hukum Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Jaksa : Jurnal Kajian Ilmu Hukum Dan Politik, 2(1), 287–294. https://doi.org/10.51903/jaksa.v2i1.1596
  6. Arpandi, A. (2023). Media Online Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293
  7. Bavelas, J. B., & Gerwing, J. (2011). The Listener as Addressee in Face-to-Face Dialogue. In International Journal of Listening. https://doi.org/10.1080/10904018.2010.508675
  8. Benu, N. N., Suryati, N. M., Simpen, I. W., & Denil, M. (2024). Language of Political Campaign: Unraveling the Linguistic Landscape in Billboard Advertisements. Journal of Language and Linguistics in Society, 42, 38–50. https://doi.org/10.55529/jlls.42.38.50
  9. Darmansyah, R., Syahrani, S. D., & Harirah MS, Z. (2020). Potret Dinasti Politik dalam Pengisian Jabatan Administratif. Journal of Political Issues, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.33019/jpi.v2i1.28
  10. Emaeve Nur Berliantari, & Irwan Triadi. (2023). Efektifitas Sistem Kebebasan dan Pertahanan Bela Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilu. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.840
  11. Esthi Hutama, S. T., Wijaya, H. B., & Hadi Wijaya, M. I. (2022). Pola Aglomerasi Dan Keterhubungan Spasial UMKM Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota. https://doi.org/10.14710/pwk.v18i4.36894
  12. Eza Aulia, Isra, S., & Yuslim. (2024). THE CONCEPTION OF PEOPLE’S SOVEREIGNTY IN INDONESIA: MOHAMMAD HATTA’S THOUGHT APPROACH. PETITA: JURNAL KAJIAN ILMU HUKUM DAN SYARIAH, 9(1). https://doi.org/10.22373/petita.v9i1.221
  13. Fairuza, H., Rastikasari, D., & Rahmansyah, N. N. (2023). Transformasi Political Awakening Perempuan: Komunitas Virtual sebagai Wujud Peran Pemuda Melalui Platform Internet sebagai Public Sphere dalam Era Digital. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 4(2), 97–106. https://doi.org/10.59784/glosains.v4i2.422
  14. Farkas, X., Burai, K., & Bene, M. (2024). Shocking Experience: How Politicians’ Issue Strategies Are Shaped by an External Shock During Campaigns. Politics and Governance, 12. https://doi.org/10.17645/pag.8077
  15. Fauzi, nfn. (2018). Political Communication of Legislative Candidate in Affecting Political Participation in the North Aceh District (Komunikasi Politik Calon Legislatif Dalam Memengaruhi Partisipasi Politik Masyarakat Di Kabupaten Aceh Utara). Jurnal Pekommas. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030107
  16. Febrianto, A., & Devi Purnamasari. (2023). A, The, Of ANALYSIS INSTAGRAM CONTENT IN THE POLITICAL COMMUNICATION STRATEGIES OF THE 2024 INDONESIA PRESIDENTIAL CANDIDATES. Sociae Polites, 24(2), 47–65. https://doi.org/10.33541/sp.v24i2.5403
  17. Fitriyah, F., Alfirdaus, L. K., & Manar, D. G. (2021). Partisipasi Politik dan Pemilih Muda: Konteks Pilgub Jateng 2018 dan Pilkada 2019 di Kabupaten Temanggung. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(1), 1. https://doi.org/10.14710/politika.12.1.2021.1-10
  18. Gusfa, H., & Kadjuand, F. E. D. (2020). Political Agonism for Indonesian Cyberpolitic: Critical Cyberculture to Political Campaign of 2019 Indonesian Presidential Election in Twitter. Nyimak: Journal of Communication, 4(2), 211. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i2.2685
  19. Harianto, T., June, T., & Perdinan, . (2019). Evaluation of Climate Risk of Tobacco Region in Temanggung District. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 24(3), 215–226. https://doi.org/10.18343/jipi.24.3.215
  20. Harry Triwibawa, A. T. (2023). Pemasaran Politik Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kota Tangerang Pada Pemilu 2019. Ijd-Demos. https://doi.org/10.37950/ijd.v5i2.403
  21. Hasna, S. (2021). PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI SPECIAL EVENT BUMI RUMAH KITA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(1), 49. https://doi.org/10.24853/pk.5.1.49-55
  22. Heirunissa. (2024). EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM 2024 KOTA BOGOR. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 13–23. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.245
  23. Hemafitria, H., Novianty, F. N. F., & Fitriani, F. (2021). PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DI DESA PERAPAKAN KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 37. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.45310
  24. Irfan, M., Alamsyah, A., & Fajar. (2019). Politik Birokrasi Hatta Rahman Pada Pilkada Serentak 2015 Di Kabupaten Maros. Vox Populi. https://doi.org/10.24252/vp.v2i1.9374
  25. Ismail, M. R. N., & Sofyan, N. (2023). Personal branding of Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo in local leaders election of Sleman District 2020. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022, 3(1), 1009. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14206
  26. Jensen, U. T., Moynihan, D. P., & Salomonsen, H. H. (2018). Communicating the Vision: How Face‐to‐Face Dialogue Facilitates Transformational Leadership. In Public Administration Review. https://doi.org/10.1111/puar.12922
  27. Lestari, H. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Inovasi Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dua Coffee. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.5566
  28. Mahfud. (2001). Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia. In Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia. Rineka Cipta
  29. Manik, T. S., & Suharno, S. (2019). Tinjauan Reflektif Media Massa Dalam Pendidikan Politik Di Indonesia. Jppuma Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i1.2095
  30. Munggaran, T. P. (2023). Peran Dan Pengaruh Perempuan Dalam Dinamika Politik Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi. https://doi.org/10.59141/jist.v4i7.653
  31. Muttaqin, M. I., & Al-Hamdi, R. (2023). Pendidikan Politik: Upaya Komisi Pemilihan Umum Sleman dalam Mewujudkan Kesadaran Politik Waria. PERSPEKTIF, 12(4), 1389–1399. https://doi.org/10.31289/perspektif.v12i4.9947
  32. Nugraha, T. A., & Mukti, H. G. (2023). Strategi Partai Baru: Partai Gelombang Rakyat Indonesia Menuju Elektoral 2024. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(2), 99–115. https://doi.org/10.14710/jiip.v8i2.19135
  33. Nurhaipah, T. (2024). Literasi Media Dalam Menangkal Informasi Hoaks Jelang Kontestasi Politik 2024. Indonesian Journal of Digital Public Relations (Ijdpr). https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6834
  34. Nuriana, R., Satriadi, S., Rahmat, M., & Budiman, S. (2023). Partisipasi Politik Pemilih Perempuan Di Kepulauan Riau. Aladalah. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.206
  35. Pane, M. D. (2020). Implementasi Undang-Undang Informasi Dan Transasksi Elektronik Dalam Rangka Mencegah Dan Menanggulangi Kampanye Hitam (Black Campaign) Terkait Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018. Majalah Ilmiah Unikom. https://doi.org/10.34010/miu.v18i1.3835
  36. Prabowo, N. (2023). Urgensi Pendidikan Demokrasi dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 865–871. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.311
  37. Raihan Naufal, Muhammad Ramadhan, & Muhibban. (2024). Dinasti Politik: Kontribusi atau Ancaman bagi Demokrasi. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(6), 412–416. https://doi.org/10.62504/jimr620
  38. Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019). Strategi Keterlibatan Key Opinion Leaders Dalam Kampanye Public Relations Di Indonesia. Warta Iski. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.35
  39. Saputra, S. A., & Singgih, M. N. (2019). Pengaruh Rating Di Aplikasi Tokopedia Dan Bukalapak, Jumlah Followers Instagram Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Membeli. MBR (Management and Business Review). https://doi.org/10.21067/mbr.v3i1.4734
  40. Sari, D. N. (2022). Tuturan Ilokusi pada Spanduk dan Baliho di Wilayah Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 152–158. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i2.55296
  41. septiani, D., & Zanel, V. (2021). Strategi Promosi lazada.co.id Dalam Menarik Minat Belanja Online Mahasiswa Public Relations Universitas Kristen Satya Wacana. Impresi. https://doi.org/10.20961/impresi.v1i2.43109
  42. Sinaga, R. S., & Adam, A. (2021). Fragmentasi Politik dan Habitus: Kasus Persaingan Sesama Calon Legislatif Etnis Tionghoa di Tiga Pemilu. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(2), 310–332. https://doi.org/10.14710/politika.12.2.2021.310-332
  43. Sukmawati, N. (2022). Using Social Media to Political Campaign in Regional Head Election East Luwu Regency. JCLP. https://doi.org/10.46507/jclp.v1i1.75
  44. Tafakur Putra, M. D. (2024). Menganalisis Pesan Perawatan Lingkungan Di Instagram. Kebumian. https://doi.org/10.47134/kebumian.v1i2.2489
  45. Temanggung, K. B. dan P. K. (2024). Laporan akhir survey perilaku masyarakat dalam pembangunan politik Kabupaten Temanggung Tahun 2023
  46. Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jocer. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.9
  47. Wang, L., Rangkuti, M. R., & Siregar, A. R. (2023). Komunikasi Politik Di Era Digital Analisis Diskursus Pada Marketing Politik Pemilukada Kota Medan Tahun 2020. Komunika. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.9841
  48. Waruwu, D., Br. Hombing, H. D. S. S., Situmorang, S. E., & Elsi, S. D. (2024). Analisis Peran Teknologi Digital Pada Proses Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 776–784. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.887
  49. Widhiasthini, N. W. (2020). Dynamics of single candidate in election of regional heads. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(6), 109–115. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n6.1019
  50. Yahya, A., Febrianti, D., & Rasyad, I. F. (2024). Strategi Kampanye Digital Partai Keadilan Sejahtera Menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 79–86. https://doi.org/10.54082/jupin.254
  51. Yuliani, K., & Ardianto, H. T. (2020). Bagaimana Kandidat Minoritas Memenangkan Pilkada: Analisis Strategi Politik Dalam Bingkai Bourdieusian. Jiip Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i1.7476

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-03 06:52:57

No citation recorded.