Efektivitas Metode Kampanye dalam Meningkatkan Kesadaran Politik: Studi Kasus Kabupaten Temanggung

Dwanda Julisa Sistyawan


DOI: https://doi.org/10.14710/politika.16.1.2025.84-98

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas berbagai metode kampanye dalam meningkatkan kesadaran politik di Kabupaten Temanggung. Studi ini menggunakan pendekatan normatif dengan analisis data dari survei, wawancara, dan dokumen terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa metode dialog tatap muka adalah yang paling efektif dalam memperkenalkan calon legislatif, diikuti oleh spanduk/baliho, terutama di kalangan wiraswasta dan pedagang. Media sosial, khususnya Instagram, juga menjadi platform penting untuk mencapai audiens yang lebih luas. Penelitian ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks lokal, faktor lingkungan, dan literasi media dalam merancang kampanye politik. Strategi yang inklusif dan adaptif terhadap perubahan politik serta penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi masyarakat. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi pembuat kebijakan dan partai politik dalam merancang strategi kampanye yang lebih efektif.


Keywords


campaign methods, local politics, media literacy, political awareness

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Mona, N. (2024). Strategi Komunikasi Politik melalui Media Sosial oleh Calon Presiden Indonesia 2024. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 15(1), 1–20. https://doi.org/10.14710/politika.15.1.2024.1-20

Aldiansyah, M. F., & Winarsih, A. S. (2022). Inovasi Pelayanan KTP Elektronik Melalui Aplikasi Temanggung Gandem Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pemerintahan Nakhoda. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.272

Alina, Y. F. (2022). Reaktualisasi Pendidikan Politik Dalam Menghadapi Politik Uang Melalui Gerakan Desa Anti Politik Uang. Politicos Jurnal Politik Dan Pemerintahan. https://doi.org/10.22225/politicos.2.2.2022.145-163

Anderson, I., & Kuswanto, K. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Probabilitas Pelaksanaan Hak Politik Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019 Di Kota Jambi (Pendekatan Regresi Logit). JWP (Jurnal Wacana Politik). https://doi.org/10.24198/jwp.v6i2.32242

Arini Nova Istiqomah, Yasmine Amira Uzhma, & Syifa Fadilah. (2023). Peranan Hukum Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Jaksa : Jurnal Kajian Ilmu Hukum Dan Politik, 2(1), 287–294. https://doi.org/10.51903/jaksa.v2i1.1596

Arpandi, A. (2023). Media Online Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293

Bavelas, J. B., & Gerwing, J. (2011). The Listener as Addressee in Face-to-Face Dialogue. In International Journal of Listening. https://doi.org/10.1080/10904018.2010.508675

Benu, N. N., Suryati, N. M., Simpen, I. W., & Denil, M. (2024). Language of Political Campaign: Unraveling the Linguistic Landscape in Billboard Advertisements. Journal of Language and Linguistics in Society, 42, 38–50. https://doi.org/10.55529/jlls.42.38.50

Darmansyah, R., Syahrani, S. D., & Harirah MS, Z. (2020). Potret Dinasti Politik dalam Pengisian Jabatan Administratif. Journal of Political Issues, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.33019/jpi.v2i1.28

Emaeve Nur Berliantari, & Irwan Triadi. (2023). Efektifitas Sistem Kebebasan dan Pertahanan Bela Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilu. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.840

Esthi Hutama, S. T., Wijaya, H. B., & Hadi Wijaya, M. I. (2022). Pola Aglomerasi Dan Keterhubungan Spasial UMKM Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota. https://doi.org/10.14710/pwk.v18i4.36894

Eza Aulia, Isra, S., & Yuslim. (2024). THE CONCEPTION OF PEOPLE’S SOVEREIGNTY IN INDONESIA: MOHAMMAD HATTA’S THOUGHT APPROACH. PETITA: JURNAL KAJIAN ILMU HUKUM DAN SYARIAH, 9(1). https://doi.org/10.22373/petita.v9i1.221

Fairuza, H., Rastikasari, D., & Rahmansyah, N. N. (2023). Transformasi Political Awakening Perempuan: Komunitas Virtual sebagai Wujud Peran Pemuda Melalui Platform Internet sebagai Public Sphere dalam Era Digital. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 4(2), 97–106. https://doi.org/10.59784/glosains.v4i2.422

Farkas, X., Burai, K., & Bene, M. (2024). Shocking Experience: How Politicians’ Issue Strategies Are Shaped by an External Shock During Campaigns. Politics and Governance, 12. https://doi.org/10.17645/pag.8077

Fauzi, nfn. (2018). Political Communication of Legislative Candidate in Affecting Political Participation in the North Aceh District (Komunikasi Politik Calon Legislatif Dalam Memengaruhi Partisipasi Politik Masyarakat Di Kabupaten Aceh Utara). Jurnal Pekommas. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030107

Febrianto, A., & Devi Purnamasari. (2023). A, The, Of ANALYSIS INSTAGRAM CONTENT IN THE POLITICAL COMMUNICATION STRATEGIES OF THE 2024 INDONESIA PRESIDENTIAL CANDIDATES. Sociae Polites, 24(2), 47–65. https://doi.org/10.33541/sp.v24i2.5403

Fitriyah, F., Alfirdaus, L. K., & Manar, D. G. (2021). Partisipasi Politik dan Pemilih Muda: Konteks Pilgub Jateng 2018 dan Pilkada 2019 di Kabupaten Temanggung. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(1), 1. https://doi.org/10.14710/politika.12.1.2021.1-10

Gusfa, H., & Kadjuand, F. E. D. (2020). Political Agonism for Indonesian Cyberpolitic: Critical Cyberculture to Political Campaign of 2019 Indonesian Presidential Election in Twitter. Nyimak: Journal of Communication, 4(2), 211. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i2.2685

Harianto, T., June, T., & Perdinan, . (2019). Evaluation of Climate Risk of Tobacco Region in Temanggung District. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 24(3), 215–226. https://doi.org/10.18343/jipi.24.3.215

Harry Triwibawa, A. T. (2023). Pemasaran Politik Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kota Tangerang Pada Pemilu 2019. Ijd-Demos. https://doi.org/10.37950/ijd.v5i2.403

Hasna, S. (2021). PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI SPECIAL EVENT BUMI RUMAH KITA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(1), 49. https://doi.org/10.24853/pk.5.1.49-55

Heirunissa. (2024). EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM 2024 KOTA BOGOR. Where Theory, Practice, Experience & Talent Meet, TPeT, 3(2), 13–23. https://doi.org/10.58890/tpet.v3i2.245

Hemafitria, H., Novianty, F. N. F., & Fitriani, F. (2021). PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DI DESA PERAPAKAN KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 37. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.45310

Irfan, M., Alamsyah, A., & Fajar. (2019). Politik Birokrasi Hatta Rahman Pada Pilkada Serentak 2015 Di Kabupaten Maros. Vox Populi. https://doi.org/10.24252/vp.v2i1.9374

Ismail, M. R. N., & Sofyan, N. (2023). Personal branding of Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo in local leaders election of Sleman District 2020. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022, 3(1), 1009. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14206

Jensen, U. T., Moynihan, D. P., & Salomonsen, H. H. (2018). Communicating the Vision: How Face‐to‐Face Dialogue Facilitates Transformational Leadership. In Public Administration Review. https://doi.org/10.1111/puar.12922

Lestari, H. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Inovasi Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dua Coffee. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.5566

Mahfud. (2001). Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia. In Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia. Rineka Cipta.

Manik, T. S., & Suharno, S. (2019). Tinjauan Reflektif Media Massa Dalam Pendidikan Politik Di Indonesia. Jppuma Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i1.2095

Munggaran, T. P. (2023). Peran Dan Pengaruh Perempuan Dalam Dinamika Politik Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi. https://doi.org/10.59141/jist.v4i7.653

Muttaqin, M. I., & Al-Hamdi, R. (2023). Pendidikan Politik: Upaya Komisi Pemilihan Umum Sleman dalam Mewujudkan Kesadaran Politik Waria. PERSPEKTIF, 12(4), 1389–1399. https://doi.org/10.31289/perspektif.v12i4.9947

Nugraha, T. A., & Mukti, H. G. (2023). Strategi Partai Baru: Partai Gelombang Rakyat Indonesia Menuju Elektoral 2024. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(2), 99–115. https://doi.org/10.14710/jiip.v8i2.19135

Nurhaipah, T. (2024). Literasi Media Dalam Menangkal Informasi Hoaks Jelang Kontestasi Politik 2024. Indonesian Journal of Digital Public Relations (Ijdpr). https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6834

Nuriana, R., Satriadi, S., Rahmat, M., & Budiman, S. (2023). Partisipasi Politik Pemilih Perempuan Di Kepulauan Riau. Aladalah. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.206

Pane, M. D. (2020). Implementasi Undang-Undang Informasi Dan Transasksi Elektronik Dalam Rangka Mencegah Dan Menanggulangi Kampanye Hitam (Black Campaign) Terkait Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018. Majalah Ilmiah Unikom. https://doi.org/10.34010/miu.v18i1.3835

Prabowo, N. (2023). Urgensi Pendidikan Demokrasi dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 865–871. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.311

Raihan Naufal, Muhammad Ramadhan, & Muhibban. (2024). Dinasti Politik: Kontribusi atau Ancaman bagi Demokrasi. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(6), 412–416. https://doi.org/10.62504/jimr620

Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019). Strategi Keterlibatan Key Opinion Leaders Dalam Kampanye Public Relations Di Indonesia. Warta Iski. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.35

Saputra, S. A., & Singgih, M. N. (2019). Pengaruh Rating Di Aplikasi Tokopedia Dan Bukalapak, Jumlah Followers Instagram Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Membeli. MBR (Management and Business Review). https://doi.org/10.21067/mbr.v3i1.4734

Sari, D. N. (2022). Tuturan Ilokusi pada Spanduk dan Baliho di Wilayah Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 152–158. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i2.55296

septiani, D., & Zanel, V. (2021). Strategi Promosi lazada.co.id Dalam Menarik Minat Belanja Online Mahasiswa Public Relations Universitas Kristen Satya Wacana. Impresi. https://doi.org/10.20961/impresi.v1i2.43109

Sinaga, R. S., & Adam, A. (2021). Fragmentasi Politik dan Habitus: Kasus Persaingan Sesama Calon Legislatif Etnis Tionghoa di Tiga Pemilu. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 12(2), 310–332. https://doi.org/10.14710/politika.12.2.2021.310-332

Sukmawati, N. (2022). Using Social Media to Political Campaign in Regional Head Election East Luwu Regency. JCLP. https://doi.org/10.46507/jclp.v1i1.75

Tafakur Putra, M. D. (2024). Menganalisis Pesan Perawatan Lingkungan Di Instagram. Kebumian. https://doi.org/10.47134/kebumian.v1i2.2489

Temanggung, K. B. dan P. K. (2024). Laporan akhir survey perilaku masyarakat dalam pembangunan politik Kabupaten Temanggung Tahun 2023.

Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jocer. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.9

Wang, L., Rangkuti, M. R., & Siregar, A. R. (2023). Komunikasi Politik Di Era Digital Analisis Diskursus Pada Marketing Politik Pemilukada Kota Medan Tahun 2020. Komunika. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.9841

Waruwu, D., Br. Hombing, H. D. S. S., Situmorang, S. E., & Elsi, S. D. (2024). Analisis Peran Teknologi Digital Pada Proses Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 776–784. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.887

Widhiasthini, N. W. (2020). Dynamics of single candidate in election of regional heads. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(6), 109–115. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n6.1019

Yahya, A., Febrianti, D., & Rasyad, I. F. (2024). Strategi Kampanye Digital Partai Keadilan Sejahtera Menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 79–86. https://doi.org/10.54082/jupin.254

Yuliani, K., & Ardianto, H. T. (2020). Bagaimana Kandidat Minoritas Memenangkan Pilkada: Analisis Strategi Politik Dalam Bingkai Bourdieusian. Jiip Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i1.7476




Copyright (c) 2025 Politika: Jurnal Ilmu Politik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/