skip to main content

ANALISIS KETIGGIAN MEJA KERJA YANG IDEAL TERHADAP POSTUR PEKERJA DIVISI CUTTING INDUSTRI GARMEN DENGAN POSTURE EVALUATION (PEI) PADA VIRTUAL ENVIROMENT

*Boy Nurtjahyo  -  Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Indonesia
Erlinda Muslim  -  Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Indonesia
Akhmad Hidayatno  -  Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Indonesia
Nandyka Yogamaya  -  Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Indonesia
Zulkarnain Zulkarnain  -  Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan suatu metodologi untuk mempelajari, dalam lingkungan virtual, aspek ergonomi dari suatu tempat kerja di industri garmen. Variabel tempat kerja yang diteliti dalam penelitian ini adalah ketinggian meja kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan konfigurasi ketinggian meja yang ideal bagi pekerja divisi cutting industri garmen. Tool yang digunakan dalam menyelesaikan skripsi ini adalah Posture Evaluation Index yang mengintegrasikan skor Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Penentuan konfigurasi yang ideal dilakukan dengan mempertimbangkan jenis pekerjaan dan posisi kerja ketika melakukan pekerjaan tersebut, apakah dalam posisi duduk atau berdiri. Analisis dilakukan dengan menggunakan model manusia digital yang disediakan software Jack pada virtual environment. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi dalam merancang tempat kerja yang lebih baik secara ergonomis.

Kata kunci : Ergonomi, Virtual Environment, Divisi Cutting  Industri Garmen, Posture Evaluation Index

 

Abstract

 

The research deals with the implementation of a methodology in order to study, in a virtual environment, the ergonomics of a work cell in garment industry. The work cell’s variable studied in this research is table height. The goal of this research is to determine an ideal table height for the workers of cutting division in garment industry. The tool to conduct this research is called Posture Evaluation Index (PEI) which integrates the score of Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). The Determination of table height configuration is based on type of work and work position (standing or sitting). The research uses digital human model form Jack software in a virtual environment. The result from this research can be a reference for future work cell design.

Keywords: Ergonomics, Virtual Environment, Cutting Division of Garment Industry, Posture Evaluation Index

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-27 17:01:27

No citation recorded.