skip to main content

PENINGKATAN KUALITAS DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA DAN PERPEKTIF MBNQA SEBAGAI KRITERIA PRASYARAT BAKU MUTU PADA PT. TAMANACO

*Aditya Apriawan Saputra  -  Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka cacat produksi aluminium collapsible tube khususnya pada produk Kloderma 0.05% gel 5 gram Ø13,4 x 90 mm di PT. Tamanaco. Pada semester kedua tahun 2023, tingkat defect mencapai 8,81% (1.217.720 pcs) dari total produksi 13.816.072 pcs, menyebabkan kerugian sekitar Rp. 384.422.026. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang perbaikan kualitas berkelanjutan, pengendalian kualitas produksi, pengukuran kinerja, dan penyusunan standar mutu pada produksi. Metode yang digunakan adalah DMAIC Six Sigma dan pengukuran kinerja Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA). Hasil implementasi DMAIC Six Sigma mengidentifikasi 9 jenis cacat dalam proses base coating dan printing, dengan cacat utama bercak putih (17,75%), warna tidak solid (17,71%), bercak kotoran (17,18%), tinta printing tergores (11,35%), gelembung pada base coating (7,87%), dan coating tidak rata (7,74%). Level Sigma mencapai 3,7, sesuai dengan rata-rata industri manufaktur di Indonesia, dengan yield process sebesar 78,89%. Faktor penyebab cacat dianalisis dan ditemukan berasal dari lima faktor utama: manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan. Pengukuran kinerja organisasi dengan MBNQA menghasilkan nilai 533,72 poin dari 1.000, menunjukkan PT. Tamanaco berada pada level rata-rata dengan predikat Good Performance (skor 476-575). Berdasarkan hasil analisis DMAIC dan pengukuran kinerja organisasi dengan MBNQA, disusun standar mutu dan lembar pemeriksaan yang disepakati untuk digunakan dalam proses produksi sebagai alat kendali terhadap kinerja produksi.

Kata kunci: DMAIC; Six Sigma; MBNQA; baku mutu


Abstract

This research addresses the high defect rate in the production of aluminum collapsible tubes, specifically for the Kloderma 0.05% gel (5-gram, Ø13.4 x 90 mm) produced by Tamanaco Ltd. During the second semester of 2023, the defect rate reached 8.81% (1,217,720 units) out of a total production of 13,816,072 units, resulting in financial losses estimated at IDR 384,422,026. The study aims to improve understanding of continuous quality improvement, production quality control, performance measurement, and the establishment of production quality standards. The research employed the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) Six Sigma methodology and the Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) performance measurement framework. The DMAIC analysis identified nine defect types in the base coating and printing processes, with the most significant defects being: white spots (17.75%), non-solid color (17.71%), dirt spots (17.18%), scratched printing ink (11.35%), bubbles in the base coating (7.87%), and uneven coating (7.74%). The production process achieved a sigma level of 3.7, aligning with the average performance of Indonesia’s manufacturing sector, with a yield of 78.89%. The root cause analysis revealed that defects originated from five primary factors: human error, machinery issues, methodological inconsistencies, material quality, and environmental conditions. Organizational performance, assessed using the MBNQA framework, scored 533.72 points out of 1,000, placing Tamanaco Ltd. within the "good performance" category (476–575 points). As a result of the DMAIC analysis and the MBNQA performance evaluation, new quality standards and inspection sheets were developed and implemented as control tools to monitor and enhance production performance.

Keywords: DMAIC; Six Sigma; MBNQA; quality standard

Fulltext View|Download
Keywords: DMAIC; Six Sigma; MBNQA; quality standard

Article Metrics:

  1. Ahmad, F. (2019). Six Sigma Dmaic Sebagai Metode Pengendalian Kualitas Produk Kursi Pada Ukm. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 6(1), 11–17. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/jisi.6.1.11-17
  2. Aisyah, S. R., & Tuti, M. (2022). Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Di Restoran Joe ’ S Grill Swiss Bell-Hotel Mangga Besar. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 168–179
  3. Arifin, Z. (2011). Rancang Bangun Perangkat Lunak Performance Dashboard Evaluasi Kinerja Karyawan Rumah Sakit Umum Pemerintah Dengan Metode the Malcom Baldrige National Quality Award (Mbnqa). Jurnal Informatika Mulawarman, 6(3), 108–118
  4. Cholifaturochmah, Widyaningrum, D., & Jufriyanto, M. (2022). Upaya Mengurangi Waste Pada Produksi Kerudung Dengan Penerapan Metode Lean Six Sigma Di Umkm Arryna Raya. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.24853/jisi.9.1.37-45
  5. Eric, & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Batam Frozen Food. ECo-Buss, 6(1), 129–139. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.667
  6. Hartono, M. E., Pratama, R., & ... (2023). Penggunaan Metode Malcolm Baldrige pada UMKM. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1325–1327. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1116
  7. Heracleous, L., & Wirtz, J. (2014). Singapore Airlines: Achieving Sustainable Advantage Through Mastering Paradox. Journal of Applied Behavioral Science, 50(2), 150–170. https://doi.org/10.1177/0021886314522323
  8. Himawan, A. F. I. (2016). Pengukuran Produktivitas dengan Malcolm Baldrige Criteria sebagai Alat Ukur di PT PJB UP Gersik. Jurnal Manajerial, 33–39
  9. Labibah, Z., & Haksama, S. (2023). Pengukuran Kinerja Perawat Unit Rawat Inap RS X Sidoarjo Berdasarkan Metode MBNQA. JDBIM (Journal of Digital Business and Innovation Management), 2(1), 61–74. https://doi.org/10.1234/jdbim.v2i1.53697
  10. Lestari, R., Sri, D., & Yosepha, Y. (2023). Pelaksanaan Program Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1, 2023
  11. Madhani, P. M. (2016). Application of Six Sigma in Supply Chain Management: Evaluation and Measurement Approach. The IUP Journal of Supply Chain Management, 13(3), 34–53. http://ssrn.com/abstract=2851301Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=2851301
  12. Nur’Aini, V., & Andesta, D. (2024). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Papan Fiber Semen dengan Metode Seven Tools dan FMEA pada PT. XYZ. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 8(2), 1166–1173. https://doi.org/10.33379/gtech.v8i2.4162
  13. Nurlisa, R., & Musfiroh, I. (2022). Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y. Majalah Farmasetika, 7(5), 494–506. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v7i4.40370
  14. Permana, I., & Arraisyi, R. (2021). Produktivitas Kerja: Inovasi Produk dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Sepatu Sera Sport (pp. 1–15). Universitas Pelita Bangsa. https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/pb/AmbilLampiran?ref=25629&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
  15. Prawira, A. S., Arijanto, S., & Nugraha, C. (2013). Sistem Perangkat Lunak untuk Internal Assessment Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (kriteria 1 -kepemimpinan). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(2), 139–149
  16. Purnawati, E., Ahmadi, & Irdhayanti, E. (2023). Strategi Pemasaran Peternak Ayam Ras Broiler. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1171–1184
  17. Putri, N. N. N., Murti, I. A., Zulfiah, E., Widanta, B., & Kirana, K. C. (2023). Menuju Keunggulan Melalui Malcolm Baldrige Dengan Dampak Positif dan Negatifnya Untuk Dunia Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 34(1), 44–53. https://doi.org/10.53916/jam.v34i1.81
  18. Rinjani, I., Wahyudin, W., & Nugraha, B. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cacat pada Lensa Tipe X Menggunakan Lean Six Sigma dengan Konsep DMAIC. Unistek, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.33592/unistek.v8i1.878
  19. Romadoni, N., Hasanah, H., & Wijaya, H. (2021). Pengukuran Kinerja PT. Krakatau Posco Energy Dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Jurnal InTent, 4(2), 156–167
  20. Sari, S. K. (2022). Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Socfin Indonesia (SOCFIN) Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  21. Schaefer, C. (2015). The Value of the Baldrige Criteria to Manufacturers: A Veteran Examiner’s Perspective. National Institute of Standards and Technology. https://www.nist.gov/blogs/blogrige/value-baldrige-criteria-manufacturers-veteran-examiners-perspective
  22. Silalahi, E., Nazmia, I., & Masduki, A. (2023). Analisis Penerapan ISO 9001 : 2015 Industri Makanan : Sebuah Narrative Literature Review. Jisma, 02(03), 25–33. https://jisma.org/index.php/jisma/article/download/317/80
  23. Sugesti, H., & Anggraeni, A. D. (2020). Implementasi Pengukuran Kinerja Model Malcolm Baldrige Untuk Kinerja Unggul dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di PT POS Indonesia. Sosio E-Kons, 12(1), 1–9. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/view/5672/3095
  24. Sukmono, R. A., & Supardi. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. UMSIDA Press
  25. Tuasamu, S., Sahupala, J., & Kaisupy, T. D. (2023). Penerapan Metode Six Sigma Dengan Konsep DMAIC Sebagai Alat Pengendalian Kualitas Produk. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v3i1.83
  26. Utami, D. L. A. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Keterikatan Karyawan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Karyawan Bank Xyz Ngawi). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Abstract, 1–18
  27. Wiguna, C., & Saintika, Y. (2018). Penerapan malcolm baldrige dalam sistem penilaian kinerja manajemen bidang kesehatan. Jurnal Sistem Cerdas, 01(01), 10–17
  28. Winata, S. V. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 77–86
  29. Yunitasari, E. W., & Royanto, P. (2020). Peta Kendali Atribut Untuk Mengidentifikasi Kecacatan Produk Furniture di PT ISI. Jurnal Teknologi Technoscientia, 12(2), 1–9. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v12i2.2683
  30. Zainul, M. (2019). Manajemen Operasional. In Deepublish (pp. 1–94). Deepublish. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3558/1/BUKU MANAJEMEN OPERASIONAL.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-05-21 12:49:15

No citation recorded.