skip to main content

MINAT MEREFERENSIKAN DALAM PROSES ADOPSI KONSUMEN PASCA MASA EDUKASI PASAR FITUR GPRS IM3 SMART DI SURABAYA

*Adi Santoso Budiman  -  MM Universitas Surabaya

Citation Format:
Abstract

Masa edukasi pasar bagi produk baru adalah masa yang penting bagi keberhasilan produk  di  pasar.   Pada  masa ini  calon pelanggan  berada pada  tahap  mencobaproduk.  Bila produk  dapat  memenuhi atau  bahkan  melebihi harapan pelanggan maka  konsumen  akan  mengadopsi produk  tersebut  lebih  lanjut.  Penelitian  ini berusaha untuk mengldentifikasikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi/rendahnya  persepsi  pelanggan  terhadap kinerja produk pada  masa  awal edukasi pasar  serta pengaruhnya  terhadap minat mereferensikan produk pasca program  edukasi pasar.  Dari pengujian  model dengan  menggunakan data yang diambil  dari  120  responden,   hasil penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat hubungan positif antara faktor  kegunaan produk,  kemudahan penggunaan produk dan pergaulan  sosial  terhadap  nilai pelanggan.  Selanjutnya  didapati  hubungan positif antara nilai pelanggan dengan minat mereferensikan.  Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa faktor-faktor  kegunaan produk,  kemudahan penggunaan  dan pergaulan   sosial  merupakan faktor-faktor  penentu  tinggi   rendahnya persepsi pelanggan   terhadap  kinerja  produk  yang   secara  tidak   langsung  mempunyai pengaruh positif terhadap minat mereferensikan.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-27 17:16:10

No citation recorded.