ANALISIS PENGARUH KENYAMANAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE PADA PEMESANAN TIKET KERETA API MELALUI WEBSITE RESMI PT. KAI

*Erlang Prima Insani  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 Dec 2013.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kenyamanan terhadap minat membeli secara
online pada pemesanan tiket kereta api melalui website resmi PT. Kereta Api Indonesia. Sampel
pada penelitian ini adalah orang-orang yang belum pernah membeli sendiri tiket kereta api secara
online melalui website resmi PT. KAI, sebanyak 200 responden. Structural Equation Modeling
(SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS 21.0, digunakan untuk menganalisis
data. Hasil analisis menunjukkan bahwa kenyamanan berpengaruh terhadap minat membeli
secara online. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa kenyamanan berpengaruh
signifikan terhadap resiko yang dirasakan dengan nilai korelasi sebesar -0,273; kenyamanan
berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan dengan nilai korelasi sebesar
0,262; persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap resiko yang dirasakan
dengan nilai korelasi sebesar -0,212; kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli
online dengan nilai korelasi sebesar 0,232; resiko yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap
minat beli online dengan nilai korelasi sebesar -0,217; persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh
signifikan terhadap minat beli online dengan nilai korelasi sebesar 0,228.

Keywords: Kenyamanan, Resiko yang dirasakan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Minat Beli secara Online

Article Metrics:

Last update: 2021-03-05 11:40:40

No citation recorded.

Last update: 2021-03-05 11:40:40

No citation recorded.