ANALISIS PENGARUH KOMITMEN BISNIS INDEPENDENT BUSINESS OWNER (IBO) DAN PENJUALAN ADAPTIF TERHADAP KINERJA BISNIS IBO DALAM MULTILEVEL MARKETING (MLM) (Study Empiris Terhadap Independent Business Owner / IBO Pada PT. AMWAY Indonesia Di Jawa Tengah dan Yogjakarta)

*Purwo Agung Wicaksono  -  Staf Marketing PT Cipta Karya Mandiri Jakarta, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian mengenai multilevel marketing (MLM}  tidak banyak dilakukan  oleh para peneliti di Indonesia,   maka  literatur-literaturnya   sangat   terbatas   (Soeratman   2002).   Penelitian   ini bertujuan  menganalisis  dua penyebab  utama komitmen  bisnis  IBO (Independent Business Owner)  dan dan  dua faktor  sifat  komunikasi  sebagai  penyebab  penjualan  adaptif beserta dampaknya  pada kinerja  bisnis  IBO.  Masalah  penelitian yang  dirumuskan  dalam penelitian int  adalah   bagaimana   meningkatkan   kinerja   bisnis   IBO.    Kemudian    untuk  menjawab pertanyaan   tersebut  dikembangkan  suatu  model  dan  enam  hipotesis  telah  dirumuskan dalam  penelitian   ini.  Penelitian   ini  menggunakan  sampel  sejumlah   115  IBO  pada   PT. Amindoway I AMWAY Indonesia di Jawa  Tengah dan Yogyakarta  (DIY)  sebagai responden. Tehnik   sampling  yang   digunakan   adalah  purposive   sampling.   Alat  analisis   data   yang digunakan  adalah Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS  6.0 program.  Hasil analisis  menunjukkan  bahwa  permodelan  fit  dan memenuhi kriteria  indeks  goodness  of fit, yang tersebut berikut: Chi-square= 223.330,  Probability 0,300,  CMINIDF=  1,048,  GFl=0.859, AGFl=0.817,   TLl=0.994,  RMSEA=0.021,   CFl=0.995.  Sehingga  model  dalam  penelitian  ini diterima  dengan  baik.  Berdasarkan  pengujian  hipotesis,  hasil penelitian  juga  membuktikan bahwa  tidak  semue  hipotesis  positif dan  signifikan  pada  taraf alpha  (a)  =  5%.  Pengaruh kepuasan  dengan produk dan kepuasan  hubungan  dengan  mitra!upline  terhadap komitmen bisnis IBO  adalah positif dan  signifikan.  Pengaruh kecemasan   komunikasi adalah  negatif dan keterlibatan interaksi adalah positif terhadap penjualan adaptif, pengaruh keduanya juga signifikan.    Walaupun   pengaruh   komitmen   bisnis   IBO   dan   penjualan   adaptif   dapat berpengaruh  secara  positif terhadap  kinerja  bisnis  IBO,  tetapi  penjualan  adaptif   tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.  Sehingga komitmen bisnis IBO lebih penting daripada penjualan adaptif untuk meningkatkan kinerja bisnis IBO dalam multilevel marketing.

Keywords: Kepuasan dengan Produk, Kepuasan Hubungan dengan Mitra/Upline, Kecemasan Komunikasi, Keterlibatan lnteraksi, Komitmen Bisnis IBO, PenjuaLan Adaptif, dan Kinerja Bisnis IBO.

Article Metrics:

Last update: 2021-03-09 03:55:25

No citation recorded.

Last update: 2021-03-09 03:55:25

No citation recorded.