ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN PRODUK BARU

*fredrich howard M. sitorus  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian   ini  menganalisa  sebuah  model  dari  pengaruh  kompetensi pengetahuan pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan produk baru. Dalam konteks ini,  diajukan suatu model penelitian untuk menguji pengaruh pengelolaan pengetahuan pelanggan, koordinasi antara pemasaran dengan penelitian dan pengembangan (litbang), serta pengelolaan  pengetahuan pesaing terhadap proses pengembangan  produk  baru,  pengaruh proses pengembangan   produk baru  terhadap keunggulan  produk  baru,  kemudian  pengaruh keunggulan  produk baru terhadap kinerja pemasaran.  Penelitian  ini menggunakan  115 sampel dari 340 perusahaan industri mebel di Kabupaten  Jepara  yang  dianalisis  dengan  menggunakan  Structural  Equation  Model (SEM).  Berdasarkan   hasil  analisis  data   dapat  disimpulkan  bahwa  5  hipotesis  yang diajukan dapat diterima, sehingga model tersebut dapat menggambarkan hubungan kausalitas yang terjalin diantara variabel-variabelnya.

 

Keywords: Pengelolaan Pengetahuan Pelanggan, Koordinasi antara Pemasaran dengan Litbang, Pengelolaan Pengetahuan Pesaing, Proses Pengembangan Produk Baru, Keunggulan Produk Baru, serta Kinerja Pemasaran.

Article Metrics:

Last update: 2021-03-02 21:05:54

No citation recorded.

Last update: 2021-03-02 21:05:55

No citation recorded.