ANALISIS KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN ASOSIASI MEREK DALAM EKSTENSI MEREK PADA PRODUK MEREK "LIFEBUOY" DI SURABAYA

*lindawati lindawati  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pemberiamerek telah  menjadi masalah penting dalam  strategi produk dan  merupakan bagian  paling  penting  dalam  pemasaran.   Usaha  pengembangan  produk  baru  dengan merek yang sama sekali baru  semakin  mahal dan tidak menjamin  keberhasilannya.  Sa/ah satu  alternatif strategi yang  dapat dilakukan  adalah  dengan  melakukan  ekstensi merek (brand   extension).   Brand   extension   dapat   menghasilkan    pengaruh   merek   ekstensi terhadap  merek  induk  (reciprocal  effects)  yang  meningkatkan  atau  menurunkan  ekuitas dari merek induk.  Ekstensi  merek adalah salah satu keputusan penting da/am perusahaan sehingga pengambil keputusan  perlu memfokuskan diri pada bagaimana menciptakan dan meningkatkan peluang sukses ekstensi merek. Kegagalan brand extension dapat membahayakan brand equity dengan  menghasilkan pengaruh negatif (negative reciprocal effects)  terhadap  merek induk.  Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana  mengembangkan pengaruh yang  positif antara merek ekstensi  dan merek induk  (positive  reciprocal effect) untuk meningkatkan minat beli strategi ekstensi merek.

 

Keywords: Kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan ekstensi merek

Article Metrics:

Last update: 2021-03-03 20:38:00

No citation recorded.

Last update: 2021-03-03 20:38:00

No citation recorded.