ANALISIS PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI, KARAKTERISTIK PASAR, DAN KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN DIVERSIFIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada Grup Medco Jakarta)

*komarudin suwarno  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Perusahaaseringkali menghadapi persoaladengan  produknya  yang  tergolong  spesifik, sehingga  pasar yang  dimilikinya  relatif kecil  dan  kemudian  diversifikasi menjadi alternatif strategi  dalam  upaya  peningkatan  kinerje  bisnis.  Di sislain,  keputusan  tentang  struktur organisasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika perusahaan memutuskan untuk menggunakan  strategi diversifikasi dalam praktek bisnisnya.  Beberapa penelitian  terdahulu telah mendeskripsikan  hubungan  di antara faktor-faktor tersebut namun  dengan  fokus dan temuan  yang  berbeda.  Penelitian  ini dilakukan  dengan  mengambil  obyek  penelitian  pada perusahaan   di   Grup   Medco   Jakarta   melalui   elemen   popu/asinya   yaitu   100   manajer perusahaan cabang  atau  manajer unit bisnis.  Dari hasil pengujian hipotesis dengan  teknik Structural   Equation   Model   (SEM)   terbukti  bahwa   secara   umum   faktor-faktor  struktur organisasi,    karakteristik   pasar,    dan   karakteristik   produk   serta    tingkat   keberhasilan diversifikasi menjadi efek positif bagi kinerja bisnis.

 

Keywords: Struktur Organisasi. Produk, Pasar. Diversifikasi. Kinerja

Article Metrics:

Last update: 2021-03-01 17:07:02

No citation recorded.

Last update: 2021-03-01 17:07:02

No citation recorded.