skip to main content

ANALISA DAN USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE QSPM (STUDI KASUS PADA UMKM DI BANDUNG : PAKAN IKAN WARINGIN BANDUNG)

*Caroline Caroline  -  Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia
Laura Lahindah  -  Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Sektor perikanan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan budidaya (FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan ikan. PD Waringin merupakan produsen pakan ikan lokal yang berlokasi di Bandung yang sedang mengalami permasalahan dalam pemasaran. Penelitian dilakukan untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran PD Waringin. Data-data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara mendalam kepada pemilik dan menyebarkan kuisioner kepada konsumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan kerangka Comprehensive Strategy Formulation Framework yang melibatkan perangkat analisis berupa matriks EFE, matriks IFE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi yang paling menarik adalah strategi SO (Strength-Opportunities), yaitu melakukan pengembangan produk, meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pertumbuhan dan penjualan serta meningkatkan produktivitas.

 Kata kunci : strategi pemasaran, Comprehensive Strategy Formulation

Framework, pakan ikan
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update: 2021-06-23 20:01:14

No citation recorded.

Last update: 2021-06-23 20:01:14

No citation recorded.