BibTex Citation Data :
@article{JSPI14067, author = {Yenny Setiawan}, title = {PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DAN STRATEGI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA BANK PERMATA CABANG YOGYAKARTA}, journal = {Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science)}, volume = {7}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {Reliability, Assurance, Emphaty, Tangibles, Responsiveness, Kualifas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, lnovasi Produk, Keunggulan Bersaing.}, abstract = { Selama beberapa dekade ini s e k t o r p e r b a n k a n t e l a h me n g a l a m i p e r u b a h a n y a n g sa n g a t d r a s t i s dengan ditandai semakin ketatnya pe r s a i n g a n , m e nurunny a p e r m i n t a a n J asa p a d a s e k t o r industri perbankan . Pada situasi den ga n t i n g k a t p e r s a i n g a n yang k e t a t t e rs e b u t nasabah seringkali tidak mempunya i / o y a l i tas k epada s u a t u b a nk kar e n a b a ny a kny a t a w a ra n y a ng diberik f;J n k e p a da n asa b a h dan na sa bah aka n s e n a nti asa m e m i l i h t a w a r a n y a ng p a l i n g men g untun g k a n b a g i n y a . P e n e l i tian ini berfuju a n un t u k m e n g a n a l i s i s p e n g a r u h k e pua s a n p e lay a n a n t e r h a d a p loy a lita s n a sa b a h d an str a t e g i untuk m e n c a p a i k e ung g ul a n b e r s a i n g p a da B a nk P e r m a t a Ca b a n g Y o g y a k a rt a . M a s a l a h pen e l i t i a n d i a j u k a n untuk m e n g e t a hu i b a g a i m a n a p e n g a r u h k u a l i t a s p e / a y a n a n d a r i l ima dime n s i ( re l i a b i l i t y, ass u r a n c e , tang i b l e , e mph a ty, res pon s iven ess ) t e r h a d a p kepu a · s a n da n loy a l i t a s n a s a b a h , pengaruh kepuasan dan l o y a l i t a s t e r h a d a p k e un gg ul a n b e rs a i n g , se rt a p e n ga ruh i no v a si produk terhadap k eu n g gul a n b e r s a i n g . A t a s d a s a r i n i d i a j u k a n m o d e l teo r it i s de ng a n 1 3 h i p o t e s i s untuk diuji d e ng a n m e to de SEM. S a mp e l p e n e f it i a n i n ! a d a l a h 100 orang responden yang merupakan n asa b a h Ba nk P e r m a t a Ca b a n g Yog y a k a rt a . H asil analisis SEM memenuhi kriteria goodness o f fit index, dimana nilai chi-square = 2 0 4 . 4 5 6 , p r o b a · b l l i ty = 0 . 1 5 6 � 0 . 0 5 ) , R M SE A = 0 . 0 8 ( � 0 . 0 8 ) , GFI = 0 . 8 7 5 � 0 . 9 0 ) , AGF/ = 0 . 9 9 4 � 0 . 9 0 ) , T U = 0 . 9 9 1 � 0 . 9 5 ) , CF / = 0 . 9 9 3 (2 0 . 9 5 ) . Hasil penelitian ini menunjukkan ba hw a ter d a p a t pengaroh an t ara k u a li tas p e l a y a n a n da r i lima dimensi (reliability, assuranc e , tangible, emphaty, resp o n s i v e n e s s ) terhadap kepuasan dan lo y a li tas nasabah. T e r d a p a t p e n g a r u h a n t a r a kepuasan n asaba h dan l o y a l i t a s t e r h a d a p ke u nggu l an bersai n g , serta terdapa t pen g a r u h i novasl produ« ter h a d a p keunggu l an bersa i n g pada Bank Pennata Cabang Y o g y a k a rt a . }, issn = {2580-118X}, pages = {21--38} doi = {10.14710/jspi.v7i1.21-38}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14067} }
Refworks Citation Data :
Selama beberapa dekade ini sektor perbankan telah mengalami perubahan yang sangat drastis dengan ditandai semakin ketatnya persaingan, menurunnya permintaan Jasa pada sektor industri perbankan. Pada situasi dengan tingkat persaingan yang ketat tersebut nasabah seringkali tidak mempunyai /oyalitas kepada suatu bank karena banyaknya tawaran yang diberikf;Jn kepada nasabah dan nasabah akan senantiasa memilih tawaran yang paling menguntungkan baginya. Penelitian ini berfujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelayanan terhadap loyalitas nasabah dan strategi untuk mencapai keunggulan bersaing pada Bank Permata Cabang Yogyakarta. Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pe/ayanan dari lima dimensi (reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness) terhadap kepua·san dan loyalitas nasabah, pengaruh kepuasan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing, serta pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Atas dasar ini diajukan model teoritis dengan 13 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM. Sampel penefitian in! adalah 100 orang responden yang merupakan nasabah Bank Permata Cabang Yogyakarta. Hasil analisis SEM memenuhi kriteria goodness of fit index, dimana nilai chi-square = 204.456, proba·bllity = 0.156 � 0.05), RMSEA = 0.08 (�0.08), GFI = 0.875 �0.90), AGF/ = 0.994 �0.90), TU= 0.991 �0.95), CF/= 0.993 (2 0.95).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaroh antara kualitas pelayanan dari lima dimensi (reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness) terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Terdapat pengaruh antara kepuasan nasabah dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing, serta terdapat pengaruh inovasl produ« terhadap keunggulan bersaing pada Bank Pennata Cabang Yogyakarta.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 05:49:15