MEMBANGUN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Dealer Honda PT. Muncul Jaya Motor Jepara)

*Yusuf Harlim  -  International Marketing Research and Intelligence Pura Group, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

 Masalah yang  ada adalah penjualan PT.  Muncul Jaya Motor Jepara mengalami penurunan akibat banyak pelanggan beralih ke merek lain. Sebagai tindak lanjut atas adanya keterbatasan penelitian-penelitian terdahulu maka perumusan permasalahan penelitian  ini adalah: bagaimana komunikasi, kualitas layanan, dan aktivitas tenaga penjualan mempengaruhi reputasi perusahan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian  untuk menganalisis reputasi perusahaan dengan menguji faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, yaitu: komunikasi, kualitas layanan,  dan sinergi qktivitas  tenaga penjualan. Pada tahap lebih jauh menguji pengaruh reputasi perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian  ini menggunakan  sampel  180 pelanggan PT.  Muncul Jaya Motor. Alat analisa data yang  digunakan    adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada  program AMOS  4.01.  Kesimpulan  yang  diambil   adalah  komunikasi berpengaruh  positif terhadap reputasi perusahaankualitas layanan berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan, sinergi aktivitas  tenaga  penjualan  berpengaruh positif terhadap  reputasi perusahaan  dan reputasi perusahaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.  Berdasarkan hasil penelitian  dapat diambil implikasi teoritis  bahwa penelitian  ini memberi justifikasi tambahan bagi  beberapa  anteseden  yang  mempengaruhi reputasi perusahaan  secara  positif,  yaitu strategi  komunikasi,  kualitas  layanan,  dan  sinergi  aktivitas   tenaga  penjualan.   lmplikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para PT. Muncul Jaya Motor untuk memberi perhatian lebih pada faktor kualitas layanan,  karena hal ini merupakan faktor paling dominan yang mempengaruhi reputasi perusahaan.  Hal ini dilakukan dengan meningkatkan keandalan dan tanggapan kepada pelanggan.

 

Keywords: Komunikasi, Kualitas Layanan, Sinergi Aktivitas Tenaga Penjualan, Reputasi Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan

Article Metrics:

Last update: 2021-04-15 21:19:45

No citation recorded.

Last update: 2021-04-15 21:19:45

No citation recorded.