skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SOCIAL MEDIA USAGE TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi Pada UMKM Batik di Kota Semarang)

*Hapsari Prawitasari Putri Anjani  -  Diponegoro University, Indonesia
Susilo Toto Raharjo  -  Diponegoro University, Indonesia
Mirwan Surya Perdhana  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relative advantage, compatibility, interactivity, cost effectiveness dan top management terhadap social media usage untuk meningkatkan kinerjabisnis. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi social media usage di UMKM Batik Kota Semarang, yaitu relative advantage, compatibility, interactivity, cost effectiveness, dan top management. Permasalahan penelitian adalah terjadi penurunan yang fluktuatif dan bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui social media usage dan faktor-faktor yang mempengaruhi social media usage. Populasi pada penelitian ini yakni pemilik atau pengelola UMKM Batik di Kota Semarang yang berjumlah 160 responden dan kuesioner yang kembali dan digunakan dalam mengolah data sebanyak 125 kuesioner. Penentuan sampel dilakukan dengan cara sensus. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program software AMOS 22. Hasil dari pengolah data dengan menggunakan SEM untuk model teoritis telah memenuhi  Goodness of Fit dengan nilai Chi Square = 329,038 ; Df = 333; Probability = 0,551; GFI = 0,856; AGFI = 0,825; TLI = 1,001; CFI = 1,000; RMSEA = 0,000. Dari tujuh hipotesis penelitian yang diuji, semua hipotesis dinyatakan diterima. Faktor relativeadvantage, compatibility, interactivity, cost effectiveness dan top management berpengaruh signifikan terhadap social media usage. Social media usage berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (281KB)    Indexing metadata
Keywords: relative advantage; compatibility; interactivity; cost effectiveness; top management; social media usage; kinerja bisnis
Funding: Hapsari Prawitasari Putri Anjani, Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.