BibTex Citation Data :
@article{NTS45209, author = {Alfredo Laoelang and Budi Santoso}, title = {Pelaksanaan Asuransi Paket Pos Kilat Khusus Pada PT. Pos Indonesia (Persero) (Studi Kasus di Kota Kupang)}, journal = {Notarius}, volume = {17}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {insurance; special express package}, abstract = { Abstract Security against users of mail and postal parcel services (documents and goods) can be realized when there is a risk of loss that cannot be ascertained and there is certainty of reimbursement of compensation for compensation. This article discusses issues regarding the procedure for claiming for losses in package delivery, the implementation of special express mail package insurance and what factors make special express packages experience many problems. This type of research is empirical juridical. Primary data obtained by interviews and secondary data consisting of primary, secondary, and tertiary legal materials. This research was conducted at PT. Pos Indonesia (Persero) Kupang Branch in Kupang. The results of this study show that the implementation of special express mail package delivery insurance has been provided in the form of a standard form for complaints and filing claims for letter compensation or packages. The factors that hinder the package from experiencing delays, damage, and loss are divided into 2 factors, namely internal and external factors. Internal factors are mistakes made by the company, external factors are errors that occur due to the fault of consumers or other parties. Keywords: insurance; special express package Abstrak Keamanan terhadap pengguna jasa pengiriman surat dan paket pos (dokumen dan barang) dapat terwujud ketika terhadap risiko kerugian yang tidak dapat dipastikan terjadinya dan ada kepastian penggantian pembiayaan ganti rugi. artikel ini membahas persoalan mengenai prosedur klaim atas kerugian dalam pengiriman paket, pelaksanaan asuransi paket pos kilat khusus dan faktor apa saja yang membuat paket kilat khusus mengalami banyak kendala. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris. Data primer diperoleh dengan wawancara dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang di Kupang. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan asuransi pengiriman paket pos kilat khusus sudah disediakan dalam bentuk formulir baku untuk pengaduan dan pengajuan tuntutan ganti rugi surat atau paket. Hal ini tentunya lebih memudahkan proses pelayanan pelaksanaan asuransi terhadap pengiriman yang mengalami kendala tertentu. Adapun faktor-faktor yang menghambat paket tersebut mengalami keterlambatan, kerusakan, dan kehilangan dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan, Faktor eksternal merupakan kesalahan yang terjadi karena kesalahan konsumen atau pihak lainnya. Kata kunci: perjanjian; asuransi; paket pos kilat khusus }, issn = {2686-2425}, pages = {127--141} doi = {10.14710/nts.v17i1.45209}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/notarius/article/view/45209} }
Refworks Citation Data :
Abstract
Security against users of mail and postal parcel services (documents and goods) can be realized when there is a risk of loss that cannot be ascertained and there is certainty of reimbursement of compensation for compensation. This article discusses issues regarding the procedure for claiming for losses in package delivery, the implementation of special express mail package insurance and what factors make special express packages experience many problems. This type of research is empirical juridical. Primary data obtained by interviews and secondary data consisting of primary, secondary, and tertiary legal materials. This research was conducted at PT. Pos Indonesia (Persero) Kupang Branch in Kupang. The results of this study show that the implementation of special express mail package delivery insurance has been provided in the form of a standard form for complaints and filing claims for letter compensation or packages. The factors that hinder the package from experiencing delays, damage, and loss are divided into 2 factors, namely internal and external factors. Internal factors are mistakes made by the company, external factors are errors that occur due to the fault of consumers or other parties.
Keywords: insurance; special express package
Abstrak
Keamanan terhadap pengguna jasa pengiriman surat dan paket pos (dokumen dan barang) dapat terwujud ketika terhadap risiko kerugian yang tidak dapat dipastikan terjadinya dan ada kepastian penggantian pembiayaan ganti rugi. artikel ini membahas persoalan mengenai prosedur klaim atas kerugian dalam pengiriman paket, pelaksanaan asuransi paket pos kilat khusus dan faktor apa saja yang membuat paket kilat khusus mengalami banyak kendala. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris. Data primer diperoleh dengan wawancara dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kupang di Kupang. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan asuransi pengiriman paket pos kilat khusus sudah disediakan dalam bentuk formulir baku untuk pengaduan dan pengajuan tuntutan ganti rugi surat atau paket. Hal ini tentunya lebih memudahkan proses pelayanan pelaksanaan asuransi terhadap pengiriman yang mengalami kendala tertentu. Adapun faktor-faktor yang menghambat paket tersebut mengalami keterlambatan, kerusakan, dan kehilangan dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan, Faktor eksternal merupakan kesalahan yang terjadi karena kesalahan konsumen atau pihak lainnya.
Kata kunci: perjanjian; asuransi; paket pos kilat khusus
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-07 09:14:44
Ciptaan berjudul (Notarius, dibuat oleh Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro), diidentifikasi oleh Notarius, bebas dari batasan hak cipta yang berlaku.
Journal Notarius is present by Public Notary, Diponegoro UniversityImam Bardjo, S.H. No.1-3 SemarangEmail: jurnalmkn.undip@gmail.comPhone: 0248415998Website: http://notariat.undip.ac.id