PENGARUH IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PASAR TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI INTERNASIONAL PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

*Benedictus K. Budiprasetyo  -  Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract
lmplementasi pembangunan keunggulan  bersaing yang  menggunakan  pendekatan sumberdaya,  menurut Dharma  (2004)  ditentukan  oleh  faktor modal manusia  pada  tingkat kekhasan  pengetahuan.  Pendapat tersebut menunjukkan  bahwa  perspektif pengetahuan (knowledge)  dalam  bentuk proses pengembangan pengetahuan  dalam perusahaan  akan menjadi variabel yang menentukan pembangunan  keunggulan perusahaan. Perspektif pengetahuan   dalam   pembangunan    keunggulan   bersaing   akan   menentukan   kerangka penciptaan nilai dan arah pengembangan bisnis (Oharma,  2004).  Pengetahuan itu sendiri merupakan bentuk modal manusia yang tidak berwujud (intangible) yang terdiri dari keahlian (know  how),  kemampuan   prosedural  (kreatifitas  dan  inovasi),  dan  kemampuan   kognitif (know why dan know what). Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kebutuhan  model strategi bersaing yang cocok untuk diimplementasikan dan dipergunakan untuk menghadapi ketidak pastian dan dinamisasi pasar dalam era globalisasi.  Permasalahan kebutuhan  model strategi bersaing tersebut juga dirasakan oleh industri jasa pendidikan  tinggi Indonesia yang saat ini sudah menghadapi  potensi ancaman  dari berbagai institusi pendidikan  tinggi asing yang akan memasuki pasar pendidikan  tinggi di Indonesia. Adapun  model strategi bersaing yang menggunakan  pendekatan keunggulan  bersaing berbasis lingkungan  dirasakan  sudah tidak  memadai untuk menghadapi kondisi pasar yang  dinamis dan tidak pasti.  Kebutuhan model strategi bersaing yang  cocok  untuk menghadapi ketidak pastian,  perubahan,  dan kompetisi  global  (Mills,   et  al.,   2003a)   dalam  era  globalisasi  ini  muncul   dan menjadi kebutuhan  setiap institusi pendidikan  tinggi  di Indonesia.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi internasiona/isasi pada pendidikan  tinggi di Indonesia  dengan cara melakukan kerjasama dengan pendidikan tinggi asing secara statistik tidak terbukti dipengaruhi oleh variabel karakteristik pasar sebagai perspektif pengetahuan yang dikembangkan  oleh para pengelola pendidikan  tinggi tersebut. Artinya, implementasi strategi tersebut  tidak  didasarkan  pada  pengetahuan   yang  cukup  dari para  pengelola terhadap karakteristik pasar yang menjadi target aktivitas pemasaran yang  dilakukan.  Selain  itu juga perilaku dari para  pengelola pendidikan   tinggi tersebut  di  dalam  pengelolaan  kerjasama yang  diimplementasikan tidak  mendasarkan diri pada  identifikasi karakteristik pasar yang yang cukup memadai.
Keywords: Karakteristik Pasar, Perilaku Manajemen, Strategi International, Perguruan Tinggi

Article Metrics:

Last update: 2021-02-26 04:04:35

No citation recorded.

Last update: 2021-02-26 04:04:37

No citation recorded.