PENGARUH IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PASAR TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI INTERNASIONAL PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Abstract
lmplementasi pembangunan keunggulan bersaing yang menggunakan pendekatan sumberdaya, menurut Dharma (2004) ditentukan oleh faktor modal manusia pada tingkat kekhasan pengetahuan. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengetahuan (knowledge) dalam bentuk proses pengembangan pengetahuan dalam perusahaan akan menjadi variabel yang menentukan pembangunan keunggulan perusahaan. Perspektif pengetahuan dalam pembangunan keunggulan bersaing akan menentukan kerangka penciptaan nilai dan arah pengembangan bisnis (Oharma, 2004). Pengetahuan itu sendiri merupakan bentuk modal manusia yang tidak berwujud (intangible) yang terdiri dari keahlian (know how), kemampuan prosedural (kreatifitas dan inovasi), dan kemampuan kognitif (know why dan know what). Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kebutuhan model strategi bersaing yang cocok untuk diimplementasikan dan dipergunakan untuk menghadapi ketidak pastian dan dinamisasi pasar dalam era globalisasi. Permasalahan kebutuhan model strategi bersaing tersebut juga dirasakan oleh industri jasa pendidikan tinggi Indonesia yang saat ini sudah menghadapi potensi ancaman dari berbagai institusi pendidikan tinggi asing yang akan memasuki pasar pendidikan tinggi di Indonesia. Adapun model strategi bersaing yang menggunakan pendekatan keunggulan bersaing berbasis lingkungan dirasakan sudah tidak memadai untuk menghadapi kondisi pasar yang dinamis dan tidak pasti. Kebutuhan model strategi bersaing yang cocok untuk menghadapi ketidak pastian, perubahan, dan kompetisi global (Mills, et al., 2003a) dalam era globalisasi ini muncul dan menjadi kebutuhan setiap institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi internasiona/isasi pada pendidikan tinggi di Indonesia dengan cara melakukan kerjasama dengan pendidikan tinggi asing secara statistik tidak terbukti dipengaruhi oleh variabel karakteristik pasar sebagai perspektif pengetahuan yang dikembangkan oleh para pengelola pendidikan tinggi tersebut. Artinya, implementasi strategi tersebut tidak didasarkan pada pengetahuan yang cukup dari para pengelola terhadap karakteristik pasar yang menjadi target aktivitas pemasaran yang dilakukan. Selain itu juga perilaku dari para pengelola pendidikan tinggi tersebut di dalam pengelolaan kerjasama yang diimplementasikan tidak mendasarkan diri pada identifikasi karakteristik pasar yang yang cukup memadai.
Keywords: Karakteristik Pasar, Perilaku Manajemen, Strategi International, Perguruan Tinggi
Article Metrics:
Others articles
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK TERHADAP KINERJA PENJUALAN
ANALISIS PENGARUH IDENTIFIKASI PESAING DAN KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Studi Empiris pada Manajer Industri Mebel di jepara)
KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI STRATEGI MENCIPTAKAN KEPUASAN PADA PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) MORO DEMAK
ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Perusahaan kerajinan keramik di Sentra Industri Kasongan, Kabupaten bantu, Yogyakarta)
ANALISIS MODEL EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI MANAJEMEN DISTRIBUTOR
ANALISIS STRATEGI INTEGRASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Industri Furniture Jepara)
Last update: 2021-02-26 04:04:35
No citation recorded.
Last update: 2021-02-26 04:04:37
No citation recorded.