skip to main content

ATRIBUTISASI PERTIMBANGAN DOKTER DALAM KEPUTUSAN MERESEPl(AN SUATU MEREK OBAT (Studi Kasus pada Dokter Umum di Surabaya)

*Linda Purnawati  -  Universitas Surabaya

Citation Format:
Abstract

Strategi marketing yang digunakan dalam industri farmasi terutama untuk obat yang diresepkan (ethical drugs)  berbeda dari apa yang biasanya digunakan oleh market lainnya,  dimana decision maker (dokter) bukan  rnerupakan  user.  Keterlibatan  dokter sebagai  key decision makers  adalah  alasan  utama  bagi perusahaan  farrnasi  untuk  fokus  usaha  promosinya  pada  dokter,  Penelitian  tentang pengaruh faktor-faktor pemilihan sebuah   merek oleh Gonul et al  (2001) menyarankan  penelitian lebih lanjut tentang pengaruh aktivitas promosi terhadap dokter dalam melakukan  pernilihan rnerek  obat yang diresepkan. Dengan didesain  bersama  dengan atribut manfaat serta citra merek   maka penelitian  ini diajukan untuk menguji sebuah model  tentang pengaruh atribut manfaat, citra merek dan aktivitas promosi terhadap keputusan  pemilihan  suatu  rnerek obat yang diresepkan, khususnya pada dokter umum  yang berpraktek dan bertempat tinggal di Surabaya, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah  100 orang dokter umum yang berpraktek dan bertempat tinggal   di Surabaya  yang terpilih sebagai  sampel lalu  dianalisis dengan  menggunakan  Structural  Equation  Modelling  (SEM). Dari  hasil penelitian  ini,  didapatkan aktivitas promosi mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap keputusan dokter dalam melakukan pernilihan merek obat yang diresepkan.

Fulltext View|Download
Keywords: Atribut Manfaat, Citra Merek, Preferensi Merek, Aktivitas Promosi, Pemilihan Merek

Article Metrics:

Last update: 2021-07-31 10:58:48

No citation recorded.

Last update: 2021-07-31 10:58:48

No citation recorded.