skip to main content

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik (Studi Pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang)

*Laura Natalia Ronauli  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Farida Indriani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Obat generik merupakan obat yang diproduksi setelah berakhirnya masa paten yang melindungi obat paten. Penggunaan obat generik di Indonesia terus meningkat setiap tahun, yang terlihat dari peningkatan penjualannya. Pembelian obat generik tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen tentang obat generik, kelompok referensi, kualitas, dan persepsi terhadap harga terhadap preferensi konsumen untuk membeli obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang melalui metode quantitative approach menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan pemodelan persamaan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SPSS dan AMOS dengan menggunakan 5 variabel yaitu pengetahuan, kelompok referensi, kualitas, persepsi terhadap harga, dan preferensi konsumen melalui 29 indikator yang ada pada 5 variabel tersebut. Hasil penelitian ini yaitu 5 hipotesis yang diajukan diterima dimana pengetahuan (H1), kelompok referensi (H2), kualitas (H3), persepsi terhadap harga (H4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen untuk membeli obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang. Preferensi konsumen (H5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang. Hasil penilaian konsumen yang menjadi responden pada masing-masing indikator dapat menjadi masukan untuk upaya meningkatkan penjualan obat generik.
Fulltext View|Download
Keywords: obat generik; keputusan pembelian; preferensi konsumen

Article Metrics:

Last update:

  1. Mengapa Masyarakat Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Berobat ke Sarawak, Malaysia

    Feny Widiyastuty, Chriswardani Suryawati, Septo Pawelas Arso. Jurnal Kesehatan Komunitas, 9 (1), 2023. doi: 10.25311/keskom.Vol9.Iss1.1412

Last update: 2024-04-20 19:48:07

No citation recorded.