BibTex Citation Data :
@article{JSPI14159, author = {Eko Wibowo}, title = {ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN JARINGAN WARALABA (Studi Kasus pada Yayasan Soroban Mental Aritmatika Indonesia Semarang)}, journal = {Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science)}, volume = {6}, number = {3}, year = {2017}, keywords = {Initial Fee, Continuing Fee, Ukuran Wara/aba, Reputasi Waralaba dan Pertumbuhan Jaringan Waralaba}, abstract = { Penelitian mengenai waralaba dengan data cross sectional sudah cukup banyak dilakukan , namun penelitian mengenai waralaba dengan data time series masih sedikit dilakukan . P e n e l i t i a n i n i akan menyoroti masalah pertumbuhan jaringan waralaba dalam kaitannya dengan initial fee , continuing fee, ukuran waralaba dan reputasi waralaba . I n i t i a l fee dan continuing free dihipotesiskan berpengaruh negatif sedangkan ukuran waralaba dan reputasi waralaba dihoptesiskan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan jaringan waralaba . S a mp e l p e ne l i t i a n b e r u pa d a t a time series pada Yayasan SIMA selama kurun waktu tahun September 1999 - Agustus 2003. Data time series yang digunakan berupa data bulanan. Regresi linier berganda digunakan dalam analisis data dan pembuktian hipotesis penelitian . H a s i / 1 a n a l i s i s m e n u n j u k k a n bahwa Initial fee sebagai biaya awal yang dibebankan oleh franchisor kepada franchise tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba (p = 0 , 654) . B e r b e d a dengan variabel Initial fee, variable continuing f e e atau biaya terus-menerus yang dibebankan oleh franchisor kepada franchise menunjukkan adanya pengaruh negatif yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba pendidikan SIMA (p = 0 , 0 0 0 ) . U k u r a n w a r a l a b a d i p e r o l e h me m i l i k i pe ng a r u h positif y a ng s i g n i f i k a n t e r h a d a p p en i n g k a t a n pertumbuhan laba (p = 0 , 0 0 0 ) . R e p u t a s i w a r a l a ba d i p e r o l e h m e nu n j u k k a n tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba (p = 0 , 0 9 6 ) . P e ng a r u h k e e m p a t v a r i a b e l tersebut m e n u n j u k k an pen ga r u h yang cukup besar , yanga mencapai 73, 8% . lndikasi adanya booming dan trend dalam bentuk franchise pendidikan ini menunjukkan adanya faktor lain selain pengaruh keempat variable tersebut. }, issn = {2580-118X}, pages = {301--316} doi = {10.14710/jspi.v6i3.301-316}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14159} }
Refworks Citation Data :
Penelitian mengenai waralaba dengan data cross sectional sudah cukup banyak dilakukan, namun penelitian mengenai waralaba dengan data time series masih sedikit dilakukan. Penelitian ini akan menyoroti masalah pertumbuhan jaringan waralaba dalam kaitannya dengan initial fee, continuing fee, ukuran waralaba dan reputasi waralaba. Initial fee dan continuing free dihipotesiskan berpengaruh negatif sedangkan ukuran waralaba dan reputasi waralaba dihoptesiskan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan jaringan waralaba. Sampel penelitian berupa data time series pada Yayasan SIMA selama kurun waktu tahun September 1999 - Agustus 2003. Data time series yang digunakan berupa data bulanan. Regresi linier berganda digunakan dalam analisis data dan pembuktian hipotesis penelitian. Hasi/1 analisis menunjukkan bahwa Initial fee sebagai biaya awal yang dibebankan oleh franchisor kepada franchise tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba (p = 0, 654). Berbeda dengan variabel Initial fee, variable continuing fee atau biaya terus-menerus yang dibebankan oleh franchisor kepada franchise menunjukkan adanya pengaruh negatif yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba pendidikan SIMA (p = 0,000). Ukuran waralaba diperoleh memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan pertumbuhan laba (p = 0,000). Reputasi waralaba diperoleh menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan waralaba (p =0,096). Pengaruh keempat variabel tersebut menunjukkan pengaruh yang cukup besar, yanga mencapai 73, 8%. lndikasi adanya booming dan trend dalam bentuk franchise pendidikan ini menunjukkan adanya faktor lain selain pengaruh keempat variable tersebut.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 12:56:48